[SALAH] UKT Naik Karena Perintah Jokowi

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, kenaikan UKT diberlakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, bukan karena perintah Jokowi. Kebijakan kenaikan tersebut juga telah dibatalkan terkait dengan banyaknya demo mengenai kenaikan UKT yang sangat signifikan. 
=====    

KATEGORI: konten yang dimanipulasi

=====    

Sumber: Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/aFJ2oIn2H9o

=====    

Narasi   
SIDANG DPR RICUH:bangbang:NADIEM BABAK BELUR DICECAR DPR, NGAKU UKT NAIK DISURUH J0K0WI

=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Antara News. 
Akun youtube Satu Bangsa telah mengunggah video ber narasikan bahwa Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim mengaku kenaikan UKT yang tinggi merupakan perintah Presiden RI, Joko Widodo. 

Dilansir dalam Antaranews.com, Pelaksana Tugas Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof Tjitjik Tjahjandarie mengatakan bahwa kenaikan pembayaran UKT di PTN disebabkan oleh peningkatan mutu pendidikan. Ia yakin bahwa proses pembelajaran di perguruan tinggi harus lebih kolaboratif, dengan memanggil dosen praktisi dari luar, magang yang dapat diperbarui dalam semester tersebut, memungut biaya ujian, dan menyelesaikan proyek tugas. 

Akan tetapi, kebijakan kenaikan UKT tersebut dibatalkan karena mendengar aspirasi dari berbagai pemangku kepentingan terkait isu yang belakangan menjadi sorotan publik ini, yaitu mengenai isu kenaikan UKT yang signifikan. Nadiem juga menjelaskan bahwa untuk tahun ini tidak ada mahasiswa yang terdampak kenaikan UKT. 

=====     

Referensi:    
https://m.antaranews.com/berita/4123719/ukt-naik-atas-perintah-jokowi-ke-mendikbud-benarkah?utm_source=antaranews&utm_medium=mobile&utm_campaign=latest_category