[SALAH] Sri Mulyani Berhasil Bongkar Korupsi Besar-Besaran Jokowi di Istana

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim Sri Mulyani membongkar seluruh kasus korupsi di lingkaran kabinet Jokowi adalah hal yang tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Manipulated Content

===========

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/d5KfKF-zpF0 (arsip)

===========

[NARASI]:
DHUAARR:bangbang:SRIMUL BERHASIL BONGKAR KORUPSI BESAR~BESARAN JKW DI ISTANA
===========

[PENJELASAN]:

Pada 6 Mei 2024 ditemukan sebuah akun dengan nama One Nation (https://www.youtube.com/@Satubangsa) yang mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Sri Mulyani selaku menteri keuangan telah berhasil membongkar korupsi besar-besaran yang dilakukan oleh Jokowi di Istana.

Namun, ketika disimak lebih lanjut, video dengan durasi 10 menit tersebut tidak sama sekali membahas mengenai Sri Mulyani yang berhasil membongkar kasus korupsi yang dilakukan Presiden Jokowi melainkan membahas mengenai kasus yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan, yakni adanya keluhan seorang pengguna Tiktok, Radhika Altaf yang meluapkan kekecewaannya kepada Bea Cukai atas penetapan bea masuk yang harus ia bayarkan saat membeli Sepatu impor yang berkali-kali lipat lebih mahal dibandingkan harga sepatu aslinya.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani melalui akun instagramnya mengunggah sebuah video klarifikasi atas kejadian yang menimpa Radhika Altaf . Selain itu, potongan video yang digunakan di dalam unggahan tersebut pun tidak mendukung klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail video.

Dengan demikian, video dengan klaim Menteri Keuangan Sri Mulyani telah berhasil membongkar kasus korupsi yang dilakukan oleh Presiden Jokowi tidaklah benar adanya.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.youtube.com/shorts/wefBMbyQa5Q