[SALAH] Jokowi Berikan Hadiah Mobil Mewah Untuk Rizky Febian dan Mahalini

Hasil periksa fakta Sukma

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa Presiden RI Jokowi memberikan hadiah mewah untuk pernikahan Rizky Febian dan Mahalini adalah hal yang tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Manipulated Content

===========

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/katnCoDvfsk (arsip)

===========

[NARASI]:
Pak Jokowi Kasih Hadiah Mewah Untuk Rizky Febian Dan Mahalini Di Acara Resepsi Pernikahan

===========

[PENJELASAN]:

Pada 11 Mei 2024 sebuah akun youtube dengan nama Bad Boys Cam (https://www.youtube.com/@BADBOYSCAM) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadiri pernikahan salah satu penyanyi terkenal Indonesia, Rizky Febian dan Mahalini Raharja. Disampaikan dalam thumbnail dan judul video tersebut bahwa Presiden Jokowi memberikan hadiah kepada kedua mempelai berupa mobil mewah.

Ketika disimak lebih lanjut, pengunggah justru tidak sama sekali membahas perihal kado mobil mewah seperti yang disinggung pada thumbnail video melainkan hanya menjelaskan terkait kedatangan Jokowi di pernikahan Mahalini Rizky di tengah kesibukan beliau sebagai seorang Presiden RI.

Tak hanya itu, dikutip dari Tribun News, hadiah yang diberikan oleh Jokowi kepada kedua mempelai tersebut bukanlah mobil mewah melainkan sebuah karangan bunga berisi ucapan selamat untuk mempelai yang diletakkan di depan Hotel Raffles Jakarta Selatan yang merupakan tempat pernikahan Mahalini dan Rizky Febian. Selain itu, thumbnail yang digunakan pada video tersebut pun juga merupakan foto yang diedit sedemikian rupa seakan-akan Jokowi memberikan hadiah berupa mobil kepada mempelai. Sebab, foto tersebut sebetulnya milik Verrel Bramasta seorang aktor terkenal yang turut menghadiri acara pernikahan tersebut.

Oleh sebab itu, adanya informasi yang menyatakan bahwa Presiden RI Jokowi memberikan hadiah mewah untuk pernikahan Rizky Febian dan Mahalini adalah hal yang tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
[1] https://www.instagram.com/reel/C6yw7QzvrhF/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==
[2] https://www.kompas.com/hype/read/2024/05/11/110349966/resepsi-pernikahan-rizky-febian-dan-mahalini-ada-jokowi-hingga-para-jebolan