[SALAH]: “Banjir Terjadi di Kawasan IKN Kalimantan Timur”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang salah, faktanya banjir tersebut terjadi di 4 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur sejak Senin 13 Mei 2024 dan bukan terjadi di kawasan IKN.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TIKTOK
https://ghostarchive.org/archive/4uydq

=====

[NARASI]: Terjadi banjir di area IKN Kalimantan Timur

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Tiktok dengan nama pengguna “bundyalhak”  mengunggah video dengan narasi terjadi banjir di area IKN Kalimantan Timur.

Setelah melakukan penelusuran, ditemukan gambar identik pada artikel milik halokaltim.id dengan judul artikel “Bencana Banjir Melanda Puluhan Kampung di Mahakam Ulu, Sejumlah Akses Masuk Kabupaten Terputus”.
Faktanya banjir tersebut terjadi di 4 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur sejak Senin 13 Mei 2024 dan bukan banjir di kawasan IKN.

Berdasarkan informasi yang pihaknya kumpulkan bencana banjir di Mahakam Ulu terjadi akibat akibat limpahan arus deras bagian hulu Sungai Mahakam yakni bersumber dari Sungai Long Apari (Kabupaten Mahakam Ulu) dan Sungai Boh (Kabupaten Malinau – Kalimantan Utara).

Berdasarkan penjelasan di atas klaim dengan narasi terjadi banjir di area IKN Kalimantan Timur adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://halokaltim.id/2024/05/17/bencana-banjir-melanda-puluhan-kampung-di-mahakam-ulu-sejumlah-akses-masuk-kabupaten-terputus/#google_vignette