[SALAH] Timnas Israel Didiskualifikasi dari Olimpiade Paris 2024, Indonesia Menggantikannya

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya FIFA pada laman resminya masih menyertakan Israel menjadi salah satu negara yang lolos untuk mengikuti cabang olahraga Sepak Bola Putra pada Olimpiade 2024 di Paris. Adapun keputusan terkait sanksi yang akan diberikan oleh FIFA kepada Israel masih ditunda hingga 20 Juli 2024.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4bPcvGW

Arsip video: https://bit.ly/4bXUczD

= = =

Narasi:

“Timnas Isra*l di diskualifikasi dari olimpiade paris 2024, timnas indonesia di tunjuk untuk menggantikannya”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan di Facebook membagikan informasi bahwa Timnas Israel didiskualifikasi pada cabang olahraga Sepak Bola Putra pada Olimpiade 2024 di Paris. Dalam postingan tersebut juga menunjukkan flyer resmi dengan logo FIFA dan Olimpiade Paris 2024 yang menunjukkan Indonesia lolos kualifikasi.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Pada laman resminya, FIFA masih menyertakan Israel menjadi salah satu negara yang lolos untuk mengikuti cabang olahraga Sepak Bola Putra pada Olimpiade 2024 di Paris. Adapun flyer resmi berlogo FIFA dan Olimpiade Paris 2024 yang menyebut Indonesia lolos kualifikasi merupakan hasil manipulasi.

Dilansir dari Detik, isu diskualifikasi atau sanksi Timnas Israel datang Presiden Federasi Sepakbola Palestina (PFA), Jibril Rajoub dalam kongres tahunan FIFA di Bangkok pada Jumat, 17 Mei 2024. Hal ini mengacu pada sanksi yang diberikan FIFA kepada Rusia berupa larangan bertanding karena telah menginvasi Ukraina pada 2022. Rajoub juga menegaskan bahwa terdapat 250 atlet Palestina yang mayoritas pesepak bola telah terbunuh di Gaza dan beberapa stadion rusak berat karena serangan Israel.

Namun Komite Olimpiade Internasional (IOC), seperti yang dikutip dari DW menyebut bahwa perang di Gaza tidak memerlukan sanksi yang sama terhadap Israel seperti yang dikenakan pada Rusia setelah mereka menginvasi Ukraina, karena perbedaan antara kedua konflik tersebut.

Sedangkan FIFA masih menunda pengambilan keputusan terkait sanksi yang akan diberikan kepada Israel sampai paling lambat 20 Juli 2024. FIFA masih perlu berkonsultasi dengan pihak eksternal terkait masalah hukum yang terjadi. Mengutip dari Detik, Infantino menegaskan FIFA Council akan mengadakan rapat luar biasa sebelum 20 Juli mendatang untuk menuntaskan masalah ini.

Dengan demikian, Timnas Indonesia menggantikan Timnas Israel yang didiskualifikasi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.fifa.com/fifaplus/en/articles/mens-olympic-football-tournament-paris-2024-dates-stadiums-cities-qualifiers-qualified-teams-format

https://www.instagram.com/p/C6wJRbKLgDc/

https://sport.detik.com/sepakbola/bola-dunia/d-7346836/fifa-akan-tentukan-nasib-israel-sebelum-20-juli

https://www.dw.com/en/will-israel-be-banned-from-football/a-69106826

= = =