[SALAH] Prabowo Terang-terangan Batalkan IKN

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya isi video hanya membahas mengenai asumsi Refly Harun jika keberlanjutan program Presiden Jokowi yang dikatakan presiden terpilih Prabowo Subianto hanya omong kosong saja. Tidak ada bukti pernyataan langsung dari Prabowo jika benar proyek IKN akan ia batalkan

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/kS-0AviFrQk (arsip)

===========

[NARASI]:

J0K0WI PUCAT TOTAL‼️PRABOWO TERANG-TERANGAN BATALKAN PROYEK IKN

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang membagikan sebuah klaim mengenai Presiden Jokowi yang harus pasrah karena Prabowo terang-terangan akan membatalkan proyek IKN.

Namun, saat disimak narator hanya memberikan informasi mengenai asumsi pribadi dari seorang pengamat politik bernama Refly Harun menilai jika keberlanjutan program Presiden Jokowi yang dikatakan presiden terpilih Prabowo Subianto hanya omong kosong saja.

Program makan siang gratis yang diprediksi menelan anggaran melebihi proyek IKN, sehingga Refly Harun menyindirnya agar membuat program yang masuk akal.

“Ini menunjukkan bahwa keberlanjutan yang dikatakan Prabowo itu ya sebenarnya omong kosong saja hanya sekedar ingin menarik suara Jokowi dan para pendukungnya, tetapi begitu berkuasa ya realistis pastinya, bahkan program makan siang gratis itu pun juga bikin pusing ya,” imbuhnya.

Kemudian isi pembahasan berlanjut membahas mengenai keterangan dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, jika pembangunan Istana Wakil Presiden baru akan dimulai karena adanya perubahan desain. Saat ini, pemerintah masih melakukan proses lelang pembangunan. Sementara itu, Kantor dan Istana Presiden direncanakan sudah siap digunakan pada Juli mendatang.

Hingga akhir video tidak ditemukan bukti kebenaran jika Prabowo benar menyatakan bahwa dirinya akan membatalkan proyek IKN jika sudah dilantik menjadi presiden nanti.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.gelora.co/2024/05/refly-harun-keberlanjutan-yang.html