[SALAH] Pantai Selatan Mengamuk 23 Warga dan Rumah Terdampak Gelombang Dahsyat

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang dahsyat yang menghantam Pantai Selatan.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/DNL5G2rrIHg (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~PANTAI SELATAN MENGAMUK,23 WARGA & RUMAH TERDAMPAK GANASNYA GELOMBANG DASYAT”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah unggahan di Youtube pada 28 Mei 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah terjadi gelombang dahsyat di Pantai Selatan.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian di Google ternyata isi video tersebut hanya berisi tentang peringatan BMKG mengenai potensi terjadinya gelombang tinggi di perairan di pantai selatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul Nelayan Cipatujah Mulai Waspada, Gelombang Tinggi Diprediksi Bakal Terjadi di Pantai Selatan” yang diterbitkan oleh Kabar Singaparna.

Mengutip dari Kabar Singaparna, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh mengingatkan kepada nelayan mewaspadai potensi gelombang dengan ketinggian mencapai 2 meter di pantai selatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Oleh karena itu masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai dan nelayan diimbau agar lebih waspada terhadap gelombang tinggi saat melakukan aktivitas di laut. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang dahsyat yang menghantam Pantai Selatan.

===========

[REFERENSI] :

https://kabarsingaparna.pikiran-rakyat.com/kabar-singaparna/pr-3238137912/nelayan-cipatujah-mulai-waspada-gelombang-tinggi-diprediksi-bakal-terjadi-di-pantai-selatan?page=all