[SALAH] Jokowi Diam-diam Ingin Batalkan Prabowo Jadi Presiden

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya isi video hanya membahas mengenai asumsi partai apa yang berkemungkinan dimasuki oleh Presiden Jokowi dan juga membahas mengenai Bobby Nasution yang memilih masuk ke Partai Gerindra..

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/Ji2EAtaal-o (arsip)

===========

[NARASI]:

PRABOWO BATAL JADI PRESIDEN‼️J0K0WI DIAM2 RENCANAKAN SINGKIRKAN PRABOWO DARI ISTANA

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang membagikan sebuah klaim mengenai Prabowo batal menjadi presiden karena Jokowi diam-diam ingin menyingkirkan Prabowo dari Istana Negara.

Saat disimak narator hanya memberikan informasi mengenai Bobby Nasution yang akhirnya bergabung di Partai Gerindra, kemudian berlanjut dengan menyampaikan pernyataan dari pengamat politik, Ujang Komarudin, yang menilai bahwa langkah Bobby bergabung dengan Partai Gerindra belum tentu diikuti oleh Presiden Jokowi dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka usai tidak dianggap oleh PDI-P.

Kemudian isi video berlanjut membahas mengenai asumsi jika Jokowi akan masuk ke Golkar dan diakhiri dengan pembahasan jika alasan Bobby memilih masuk ke Gerindra adalah karena kesamaan visi untuk memajukan Sumatera Utara.

Hingga akhir video tidak ditemukan informasi fakta yang dapat membuktikan kebenaran klaim pada judul yang mengatakan jika Jokowi diam-diam akan membatalkan Prabowo menjadi presiden.

===========

 [REFERENSI] :

https://nasional.kompas.com/read/2024/05/21/14101371/jokowi-disebut-berpotensi-masuk-partai-lain-usai-bobby-gabung-gerindra#google_vignette