[SALAH] Rumah-Rumah Hancur Akibat Pantai Selatan Mengamuk

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, unggahan tersebut tidak menyebutkan bahwa Panti Selatan menggulung rumah-rumah warga. Isi video hanya membacakan artikel tentang peringatan dini gelombang tinggi oleh BMKG Ambon.

Simak penjelasannya.

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/9ZkyEkrcRv

====
[NARASI]
BENCANA HARI INI~ JUM’AT HARI INI PANTAI SELATAN MENGAMUK, RUMAH2 HANCUR TERGULUNG BAK KIAMAT KOTA INI

====
[PENJELASAN]
Sebuah unggahan di Youtube menyatakan bahwa Pantai Selatan mengamuk dan menghancurlan rumah-rumah warga. Video ini diunggah oleh kanal Youtube bernama Gembok Nusantara pada 24 Mei 2024.

Setelah dilihat video keseluruhan, narator dalam video tersebut tidak menyebutkan abahwa rumah-rumah hancur akibat tergulung ombak Pantai Selatan. Narator dalam video ini hanya menyampaikan tentang peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Ambon. Pemeriksa fakta mecoba mencari pernyataan yang disampaikan narator melaui Google dan menemukan di artikel Tribunnews. Dalam artikel ini dituliskan bahwa BMKG Ambon mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku dari tanggal 24 Mei hingga 25 Mei 2024. BMKG juga menghimbau masyarakat pesisir dan yang hendak berlayar untuk selalu waspada.

Dengan demikian, tidak benar pernyataan bahwa Pantai Selatan mengamuk sehingga rumah-rumah hancur.

====
[REFERENSI]
https://ambon.tribunnews.com/amp/2024/05/24/tinggi-gelombang-capai-250-meter-bmkg-ambon-keluarkan-peringatan-dini-jumat-24-mei-2024