[SALAH] Tangkapan Layar Berita Detik Jabar, Kemunculan hacker bjorka menanggapi kasus “Vina_Cirebon”

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, tangkapan layar judul berita tersebut merupakan hasil suntingan menggunakan Inspect Element. Tidak ditemukan bukti yang valid dari judul berita tersebut di situs Detik Jabar. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————————————–
KATEGORI: KONTEN PALSU

————————————————————–
NARASI:
Kemunculan hacker bjorka kembali buat publik heboh setelah menanggapi kasus “Vina_Cirebon”: Serahkan 3Pelaku Atau Di Usut Sampai ke Akarnya?

SUMBER:
https://vt.tiktok.com/ZSYNnmNNP/ / https://archive.md/lOi3j (arsip)


————————————————————–
PENJELASAN:
Beredar sebuah video yang menampilkan tangkapan layar berita dari situs Detik Jabar tentang kemunculan kembali hacker bjorka untuk mengungkap kasus Vina Cirebon. Tangkapan layar tersebut diunggah melalui platform Tiktok oleh sejumlah akun, salah satunya akun bernama @_fakta.menarik_.
Setelah dilakukan penelusuran secara manual menggunakan fitur Google Search by Keywords, tidak ditemukan judul berita tersebut dari situs manapun.

Penelusuran manual juga digunakan di situs Detik Jabar dengan mencocokkan kategorisasi berita, tanggal dan waktu berita tersebut diterbitkan. Dari penelusuran ini ditemukan bahwa berita Detik Jabar kategori Cirebon Raya yang diunggah pada Minggu, 19 Mei 2024 pukul 12.00 WIB ialah berita dengan judul “Kejanggalan di Kasus Pembunuhan Vina Versi Saka Tatal dan Pengacara.”

Dengan demikian, tangkapan layar berita di situs Detik Jabar mengenai kemunculan hacker Bjorka untuk mengungkap kasus Vina Cirebon, tidak benar.
————————————————————
REFERENSI:


(1) https://www.detik.com/jabar/cirebon-raya/d-7347374/kejanggalan-di-kasus-pembunuhan-vina-versi-saka-tatal-dan-pengacara