[SALAH]: “Beras Beracun 1 juta Ton Dari Cina”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, tidak benar video yang memperlihatkan seorang ibu mengalami keracunan setelah mengonsumsi beras yang diduga berasal dari China. Pernyataan ini didasarkan hasil uji laboratorium bahwa beras yang dikonsumsi merupakan beras lokal yang memenuhi standar dan tidak mengandung plastik.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://ghostarchive.org/archive/rvqlY

=====

[NARASI]: Dari Awal Rakyat Sudah Mengingatkan Pemerintah,    Tapi Demi Kebohonganya 
@luhut_binsar Dikit2 Percaya Cina . Ahkirnya Pemerintah Abaikan Soal Masalah Ini ,    Nah Sekarang Apa Yg Terjadi ,     Rakyatlah Yang Jadi Korban ,
Inilah Akibat Dari Persiden Boneka Oligarky ,

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “JhonPret JhonPres” yang mengunggah dua video yang di edit menjadi satu dengan narasi beras beracun 1 juta ton dari China.

Setelah melakukan penelusuran, faktanya adalah video tersebut hasil rekayasa yang mana dua video berbeda diedit menjadi satu. Video pertama memperlihatkan situasi bongkar beras Bulog yang diketahui diimpor dari Vietnam.

Video kedua yaitu berita seorang ibu di Bukittinggi yang merasakan sakit tenggorokan dan pusing diduga akibat mengonsumsi beras sintetis.

Dilansir dari Detik.com Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat bersama kepolisian daerah setempat menegaskan tidak ada beras sintetis yang beredar di kota tersebut.

Pernyataan ini didasarkan hasil uji laboratorium bahwa beras yang dikonsumsi merupakan beras lokal yang memenuhi standar dan tidak mengandung plastik.

Kepala Dinas Pangan Sumbar, Syaiful Bahri, menyebut pihaknya telah memastikan beras yang dikonsumsi warga Bukittinggi itu bukan beras sintetis. Sedangkan jenis dan asal beras itu, menurutnya beras itu berjenis Sokan (beras lokal Sumbar) dan berasal dari Kabupaten Pasaman.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang beras beracun 1 juta ton dari China adalah salah dan masuk konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2024/05/13/salah-beras-beracun-1-juta-ton-dari-cina/
https://www.detik.com/sumut/berita/d-6984610/ini-hasil-uji-lab-beras-diduga-sintetis-di-bukitinggi/amp#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=17153137459810&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com