[SALAH] Ular Piton Menelan Anak Kecil

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, video tersebut merupakan video gabungan dari 2 video yang berbeda, klip pertama merupakan video evakuasi ular di Malaysia, kemudian klip kedua merupakan peristiwa ular menelan wanita berumur 54 tahun pada tahun 2018. 

=====    

KATEGORI: Konteks yang salah

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/WarGP

=====    

Narasi   
Ular Piton menelan anak kecil

=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Kompas.
Akun facebook Supa Lbj memposting sebuah video yang mengklaim bahwa terdapat sebuah ular piton yang diyakini telah memakan anak kecil. Postingan tersebut telah diunggah pada 9 Mei 2024. 

Dilansir dalam kompas.com, video tersebut merupakan gabungan dari 2 video. Klip pertama yang memperlihatkan sedang adanya evakuasi sama dengan tangkapan layar pada salah satu artikel brilio.net dengan judul “Serem banget, ular piton raksasa ditemukan di selokan” artikel tersebut juga telah diunggah pada Februari 2018. Dalam artikel tersebut ular dengan panjang 5 meter telah ditangkap dengan keadaan perut membesar. Menurut laporan warga setempat, ular itu baru saja memangsa dua ekor berang-berang. Kejadian itu pun terjadi di Malaysia.

Kemudian, klip kedua yang ditemukannya manusia di dalam perut ular merupakan kejadian pada tahun 2018. Video tersebut juga identik dengan unggahan laman youtube tvOne tahun 2018 silam. Seperti diberitakan tvOne, warga di Desa Persiapan Lawela, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tengah, membelah perut seekor ular sanca atau piton pada 2018. Ular tersebut berhasil memangsa wanita berumur 54 tahun. 

=====     

Referensi:    
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/17/084500182/-hoaks-video-ular-piton-menelan-anak-kecil