[SALAH] Sri Mulyani Memarahi Pihak Bea Cukai

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, Suara dalam rekaman tersebut merupakan suara dari Yuni TKW Hongkong yang sedang mengeluhkan pajak bea cukai. 

=====    

KATEGORI: Konten yang menyesatkan

=====    

Sumber: Twitter
https://ghostarchive.org/archive/eerL5

=====    

Narasi   
Mungkin Petugas BEA Cukai Ga Pernah Pakai Celana Dalam ,

=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Antaranews.
Akun twitter @Jjhonpres telah mengunggah rekaman suara dengan klaim bahwa suara tersebut merupakan suara Sri Mulyani yang sedang memarahi pertugas Bea Cukai atas viralnya kasus seorang tenaga kerja wanita (TKW) mengirimkan celana dalam seharga Rp140.000 dari Hongkong. Sesampainya di Indonesia, barang tersebut dikenakan bea masuk sebesar Rp800.000.. Unggahan tersebut diunggah pada laman twitter tanggal 17 Mei 2024. 

Dilansir dalam antaranews.com, rekaman suara tersebut identik dengan rekaman suara pada unggahan youtube Yuni TKW Hongkong @CURHATAN BMI yang telah diunggah pada 6 Oktober 2023. Suara rekaman pada postingan akun twitter tersebut sama dengan suara video unggahan youtube yang dimulai dari menit ke 3.00. Dalam video tersebut, Yuni mengutarakan kekesalannya terhadap pihak Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Banyuwangi. Ia menjelaskan membeli barang seharga Rp140.000 dari Hongkong, kemudian dikirimkan ke Indonesia dan dikenakan pajak bea masuk sebesar Rp800.000. 

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, dalam akun media sosialnya menyatakan permasalahan itu telah diselesaikan dengan baik. Bea Cukai Juanda dan pihak PT Pos Indonesia sudah berkomunikasi dengan Yuni dan penerima barang. Sehingga, video yang mengklaim suara Sri Mulyani memarahi pihak beacukai adalah tidak benar. Suara dalam rekaman tersebut merupakan suara dari Yuni TKW Hongkong yang sedang mengeluhkan pajak bea cukai. 

=====     

Referensi:    
https://m.antaranews.com/berita/4114323/hoaks-rekaman-suara-sri-mulyani-marahi-pegawai-bea-cukai?utm_source=antaranews&utm_medium=mobile&utm_campaign=latest_category