[SALAH] RATUSAN GURU BESAR TOLAK KEMENANGAN PRABOWO

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi kredibel terkait ratusan guru besar tolak kemenangan Prabowo. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi gabungan dari beberapa cuplikan video berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/TWJ6-PSSF (Youtube)

=======

[NARASI]:
PRABOWO DITOLAK DIMANA-MANARATUSAN GURU BESAR TOLAK KEMENANGAN PRABOWO

KABAR MENGGEMPARKAN
RICUH SEBELUM PELANTIKAN RATUSAN GURU BESAR TOLAK PRABOWO

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama ONE NATION bernarasikan ratusan guru besar tolak kemenangan Prabowo.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi. Beberapa cuplikan yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari kompas.tv berjudul “Soal Prabowo Bilang Oposisi Jangan Ganggu, Agum: Jangan Dilandasi Backmind Benci ke Pemerintah” yang dimuat pada 12 Mei 2024.

Dalam artikel ini membahas tentang Tokoh Purnawirawan, Agum Gumelar yang menanggapi pernyataan presiden terpilih Prabowo Subianto yang mengatakan bahwa pihak yang tidak berkoalisi untuk tidak mengganggu.

Dengan demikian, narasi dengan klaim ratusan guru besar tolak kemenangan Prabowo tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REERENSI]:
https://www.kompas.tv/regional/506808/soal-prabowo-bilang-oposisi-jangan-ganggu-agum-jangan-dilandasi-backmind-benci-ke-pemerintah