[SALAH] Pertolongan Pertama Penyakit Stroke dengan Menusuk Jari

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Klaim yang mengatakan pertolongan pertama pada orang yang terkena stroke dengan menusukkan jarum di ujung jari-jari adalah tidak benar. Faktanya langkah tersebut bisa dilakukan jika tujuannya hanya untuk memperlancar peredaran darah.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/FrNhd (arsip)

===========

[NARASI]: “Orang yang terkena Stroek mendadak (jatuh di kamar mandi, dsb), pembuluh darah ke otak akan pecah sedikit demi sedikit. Ingat, utk mengatasi hal ini janganlah gugup/ panik. Jika korban berada di tempat kejadian seperti di kamar mandi/ ruang tidur/ ruang tamu dll. Jgn dipindahkan ke tempat lain, karena akan mempercepat pecahnya pembuluh darah, dan jangan sampai dia terjatuh lagi.

.

Caranya adalah dengan mengeluarkan darah korban dengan menggunakan jarum yang telah dibakar/ disteril yang kemudian ditusukkan ke ujung setiap jari masing² sampai darahnya keluar ± 1-2 tetes. Kalau darahnya tidak keluar dapat diurut sampai keluar, sesudah itu korban akan sadar setelah beberapa menit kemudian. Jika korban mulutnya miring, tariklah kedua daun telinganya sampai merah dan langsung tusuk bagian bawah daun telinga dengan jarum steril sampai darah keluar ± 1-2 tetes.”

===========

[PENJELASAN]: 

Artikel disadur dari Tempo.

Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim pertolongan pertama pada orang yang terkena stroke dengan menusukkan jarum di ujung jari-jari.

Menyadur dari artikel Tempo,  Spesialis Neurologi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdoer Rahem Situbondo, dr. M. Reza Fathoni, Sp.N mengatakan penyembuhan stroke tidak dapat dilakukan dengan cara menusuk ujung jari-jari pakai jarum, atau dengan sistem bekam dan fashdu. 

Langkah seperti fashdu bisa dilakukan jika tujuannya hanya untuk memperlancar peredaran darah. Jika untuk menyembuhkan, jelas salah. Sifatnya sampai sekarang di bidang kedokteran hanya terapi komplementer.

Terapi utama untuk stroke dengan memperhatikan faktor risiko stroke, yaitu menormalkan tekanan darah, kolesterol, kencing manis, karena ini penyebab terjadinya aterosklerosis yang merupakan cikal bakal terjadinya serangan stroke selanjutnya.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan pertolongan pertama pada orang yang terkena stroke dengan menusukkan jarum di ujung jari-jari adalah tidak benar. Faktanya langkah tersebut bisa dilakukan jika tujuannya hanya untuk memperlancar peredaran darah.

===========

 [REFERENSI] :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2893/keliru-video-berisi-klaim-pertolongan-pertama-penyakit-stroke-dengan-menusuk-jari

https://turnbackhoax.id/2020/11/01/salah-pertolongan-pertama-pada-stroke-dengan-tusuk-jari/