[SALAH] NTT Dihantam Ombak Setinggi 12,5 Meter pada 20 Mei 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang setinggi 12,5 meter yang menghantam NTB.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/mpg237egixg  (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~ NTB SORE INI DI HANTAM OMBAK SETINGGI 12,5 METER WARGA HIMBAU WASPADA TSUNAMI ‼️”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah unggahan di Youtube pada 20 Mei 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika NTB dihantam ombak setinggi 12,5 meter.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian di Google ternyata isi video tersebut hanya berisi tentang peringatan BMKG mengenai potensi gelombang setinggi 2,5 meter terjadi di sejumlah perairan NTB. Narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “Waspada gelombang 2,5 meter di perairan selatan NTB” yang diterbitkan oleh Kick News.

Mengutip dari Kick News, Prakirawan BMKG NTB, Aprilia Mustika mengimbau nelayan agar tetap waspada terhadap potensi gelombang setinggi 2,5 meter. Oleh karena itu, masyarakat yang beraktivitas di pesisir pantai wilayah NTB agar tetap hati-hati terhadap dampak gelombang. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang setinggi 12,5 meter yang menghantam NTB.

===========

 [REFERENSI] :

https://kicknews.today/waspada-gelombang-25-meter-di-perairan-selatan-ntb-2/