[SALAH] Video Suporter Indonesia Menyanyikan Takbir di Pertandingan Indonesia Melawan Irak

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Pada video yang asli, suporter Indonesia di pertandingan Indonesia vs. Irak menyanyikan lagu sepak bola Indonesia, bukan takbir.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: YouTube
https://ghostarchive.org/varchive/bY4Dw1Q7MOY

=====

Narasi:
“SEPERTI MAU JIHAD! DETIK2 SUPORTER INDONESIA TAKBIR DI STADION KHALIFA JELANG INDONESIA VS IRAK”.

=====

Penjelasan:
Akun YouTube iwandol SPORT mengunggah video penonton sepak bola Indonesia yang menyanyikan takbir sebelum pertandingan dimulai. Pada video itu juga terdapat narasi yang berbunyi: “Sambil takbiran, puluhan ribu suporter Indonesia padati Stadion Abdullah bin Khalifah untuk dukung Indonesia”. Video tersebut diunggah pada 2 Mei 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Versi video yang asli pertama kali diunggah dalam bentuk Reels Instagram oleh @marragamchanel pada 25 April 2024. Pada Reels tersebut, terdengar bahwa suporter Indonesia menyanyikan lagu sepak bola Indonesia. Reels tersebut dilengkapi dengan beberapa tagar pada kolom keterangan. Tagar yang digunakan antara lain #timnas #afcu23Qatar #indonesiavskoreaselatan dan #livetimnasu23.

Selain itu, pada video livestream pertandingan Indonesia melawan Irak yang diunggah di YouTube resmi AFC Asian Cup, tidak terdengar nyanyian takbir dari penonton Indonesia.

Lebih lanjut, suara nyanyian takbir penonton di video iwandol SPORT sama persis seperti video yang diunggah oleh @javas_minor1109 di YouTube pribadinya. Menurut deskripsi video itu, suporter tim PSIS Semarang, atau yang lebih dikenal dengan “Snex”, menyerukan takbir dari tribun di tengah pertandingan. Video tersebut diunggah pada 15 Juni 2018.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun YouTube iwandol SPORT merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.instagram.com/reel/C6Lx_CrpH63/


https://www.youtube.com/watch?v=6fI2a_GyrAk

https://www.youtube.com/watch?v=-J03PmrY9e4