[SALAH] Ahok dan Anies Bergabung untuk Melawan Kaesang dan Bobby Nasution

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya foto yang digunakan dalam thumbnail tersebut berasal dari momen pertemuan Anies dan Ahok di Balaikota Jakarta Pusat pada musim Pilgub 2017 yang lalu, isi pembahasan juga tidak membahas mengenai adanya koalisi Anies-Ahok untuk melawan Kaesang dan Bobby Nasution.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/iymseKZmHFY (arsip)

===========

[NARASI]:

GEGER HARI INI..!!! AHOK DAN ANIES AKAN HABISI BOBY & KAESANG DENGAN CARA INI..!!!!

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang pada thumbnailnya memperlihatkan foto Ahok dan Anies yang sedang berjabat tangan di kantor PDIP lalu disertai dengan judul bahwa mereka akan bekerja sama untuk ‘menghabisi’ Kaesang dan Bobby Nasution.

Dengan menggunakan sistem pencarian gambar Google Lens, ditemukan hasil temuan jika foto tersebut identik dengan foto di artikel milik wartakotalive.com. Faktanya foto tersebut bukan diambil di kantor PDIP, melainkan diambil pada saat Anies menemui Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat pada tahun 2017 yang lalu.

Kemudian, saat disimak isi video tersebut membahas mengenai isu Ahok yang digadang-gadang akan maju dalam Pilgub Sumatera Utara 2024. Narator lalu menambahkan jika hal tersebut terjadi maka Bobby Nasution akan menjadi lawan yang berat bagi Ahok.

Hingga akhir video tidak ada pembahasan yang menyinggung nama Anies Baswedan sama sekali, dapat disimpulkan bahwa klaim Ahok dan Anies akan bekerja sama melawan Kaesang dan Bobby adalah kalim yang tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://wartakota.tribunnews.com/2017/05/04/anies-sandi-ingn-bentuk-tim-transisi-ahok-udah-kayak-mau-jadi-presiden-aja

https://wartaekonomi.co.id/read534645/kader-pdip-ingin-ahok-maju-di-pilgub-sumut-aspirasi-bawah-bukan-elite