[SALAH] Video Sri Mulyani Mempromosikan Obat Hipertensi

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya suara dalam video tersebut adalah hasil manipulasi AI, video asli menunjukkan wawancara VOA dengan Sri Mulyani yang membahas tentang kondisi geopolitik dan ketegangan yang dihadapi Indonesia sebagai tuan rumah KTT G-20 di Bali.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4a9cgVV

Arsip video: https://bit.ly/4afxm4V

= = =

Narasi:

Sri Mulyani: “Hipertensi telah merenggut nyawa semua kerabat saya, dan saya merasa bahwa saya akan segera mati juga. Namun berkat obat ini, saya lupa akan tekanan darah tinggi, nyeri dada, dan kelelahan kronis.”

“STOP Hipertensi! Rahasia Alami Ini Bisa”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Tempo.

Beredar sebuah video yang menunjukkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani memberikan testimoni sekaligus mempromosikan obat hipertensi yang ia konsumsi. Disebutkan juga bahwa obat tersebut adalah rekomendasi dari dr. Terawan, mantan Menteri Kesehatan, yang tidak dijual di apotek.

Namun setelah ditelusuri oleh Tempo, video tersebut merupakan hasil manipulasi deepfake dengan menggunakan AI. Tim Cek Fakta Tempo menjelaskan dalam analisa gerakan bibir dan wajah Sri Mulyani terlihat gerakan yang terputus-putus setiap ganti kata, gerakan bibir yang tidak wajar tersebut adalah salah satu indikasi deepfake.

Video asli Sri Mulyani yang digunakan dalam video tersebut merupakan momen saat dirinya diwawancara oleh VOA yang membahas mengenai kondisi geopolitik dan ketegangan yang dihadapi Indonesia sebagai tuan rumah KTT G-20 di Bali pada November 2022.

Dengan demikian, Sri Mulyani mempromosikan obat hipertensi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2881/keliru-pengakuan-sri-mulyani-tentang-obat-hipertensi-rekomendasi-dokter-terawan

https://www.voanews.com/a/voa-interview-indonesia-s-sri-mulyani-indrawati/6850914.html

= = =