[SALAH] Pemain Real Madrid Vinicius Jr Keturunan Indonesia

Hasil periksal fakta Amanda Rahma

Faktanya, Vinicius Jr tidak memiliki keturunan Indonesia. Pemain ini lahir di Brazil dan sejak 2022 Vinicius mendapat kewarganegaraan Spanyol.

====
[KATEGORI] Konten palsu

====
[SUMBER] Facebook
https://ghostarchive.org/archive/X3Kmu

====
[NARASI] Pemain Real Madrid Vinicius Jr, diduga ingin memperkuat Timnas Indonesia.

Vinicius Jr memiliki keturunan Indonesia dari sang ibu.
Ibu Vinicius Jr asal Maluku, dari Pulau Seram tepatnya di Dusun Wailey. Sepupu dari Vinicius Jr sekarang memperkuat Kusu-kisu FC bernama Saman Amirudin Patty.

====
[PENJELASAN]
Sebuah postingan di Facebook menyatakan bahwa salah satu pemain sepak bola Real Madrid yaitu Vinicius Jr akan dinaturalisasi karena memiliki darah Indonesia dari sang ibu. Postingan ini diunggah oleh akun bernama Saman Amirudin Patty dan telah disukai oleh 64 pengguna.

Setelah ditelusuri ternyata Vinicius Jr tidak memiliki keturunan Indonesia. Dilansir dari http://Liputan6.com, ibu Vinicius Jr bernama Tatiana Vinicius yang lahir di Sao Goncao dan memiliki kewarganegaraan Brazil. Vinicius Jr terlahir dari keluarga yang memiliki banyak keturunan Brazil. Selain itu, melansir dari http://kompas.com Vinicius Jr sudah menjadi warga negara Spanyol sejak 2022 terkait kepentingannya bermain di LaLiga Spanyol.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak benar pernyataan Vinicius Jr Keturunan Indonesia dan akan dinaturalisasi.

====
[REFERENSI]
https://www.liputan6.com/amp/5594579/cek-fakta-hoaks-bintang-real-madrid-vinicius-junior-punya-ibu-dari-indonesia

https://bola.kompas.com/read/2022/09/08/14492988/vinicius-junior-jadi-warga-negara-spanyol-real-madrid-dapat-keuntungan?page=all