[SALAH] FIFA Bekukan Federasi Sepakbola Guinea (FGF) Akibat Curang Lawan Indonesia

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, video tersebut tidak menyebutkan bahwa Federasi Sepakbola Guinea dibekukan FIFA. Narator dalam video hanya membacakan artikel yang berkaitan tentang pernyataan pelatih Guinea seusai mengalahkan Indonesia dan rasisme netizen Indonesia di media sosial FDF.

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/pselkShMaUc

====
[NARASI]
HEBOH !!! FIFA RESMI BEKUKAN FEDERASI SEPAK BOLA FGF AFRIKA, BUNTUT CURANG LAWAN TIMNAS INDONESIA

====
[PENJELASAN]
Sebuah video beredar di Youtube menyatakan bahwa Federasi Sepak Bola Guinea (FGF) telah dibekukan FIFA karen curang saat melawan Timnas Indonesia di laga Play Off Olimpiade 2024. Video ini diunggah oleh kanal Youtube bernama Kanal pada 13 Mei 2024 dan telah ditonton lebih dari 12 ribu tayangan.

Setelah dilihat keseluruhan video tersebut ternyata tidak ada pernyataan yang menyebutkan bahwa FIFA membekukan Federasi Sepak Bola Guinea. Video yang berdurasi 10 menit hanya membacakan artikel yang pemeriksa fakta temukan di laman artikel Viva. Dalam video ini, narator menyampaikan dua berita yang berjudul ” Kata Pelatih Guinea Usai Kalahkan Timnas Indonesia U-23 dan Lolos Olimpiade 2024″ dan ” Duh, Guinea Jadi Sasaran Rasisme Netizen Indonesia”.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan yang menyebutkan bahwa FDF dibekukan FIFA tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.viva.co.id/amp/bola/liga-indonesia/1712632-kata-pelatih-guinea-usai-kalahkan-timnas-indonesia-u-23-dan-lolos-olimpiade-2024

https://www.viva.co.id/amp/bola/bola-sejagat/1712693-duh-guinea-jadi-sasaran-rasisme-netizen-indonesia