[SALAH] PRABOWO BERI BANTUAN MELALUI WHATSAPP

Informasi bantuan tersebut tidak benar. Tidak ditemukan adanya informasi resmi perihal Prabowo bagi-bagi hadiah melalui WhatsApp.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: FACEBOOK

https://www.facebook.com/reel/7492759764104552

Arsip https://archive.fo/wip/EPMub 

===

NARASI:

yang lagih kesulitan sini babak bantu harus jujur mau buwat apa. pilih salah satu sesuai kebutuhan kalian ya. INFO SELENGKAPNYA SILAKAN HUBUNGI WHATSAPP:082181538961.

===

PENJELASAN: Beredar melalui Facebook sebuah video yang menampilkan sosok Prabowo Subianto beserta narasi yang menyebut jika Prabowo akan membagikan sejumlah hadiah. Disebutkan pula jika bagi mereka yang berminat mendapat hadiah dari Prabowo harus menghubungi nomor WhatsApp yang telah ditampilkan dalam video tersebut. Video tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Surya Genz, dan telah disukai oleh 7200 pengguna Facebook lainnya.

Coba menelusuri lebih lanjut, diketahui jika informasi tersebut TIDAK BENAR. Melansir dari kompas.com, Juru Bicara Prabowo yakni Dahnil Azhar menyatakan jika hal tersebut merupakan HOAKS. Dahnil menyebut jika nomor yang tertera pada video bukan nomor WhatsApp dari Prabowo.

“Masyarakat harus melakukan cek dan ricek dan tetap jaga rasionalitas. Hati-hati dengan penipuan,” tegas Dahnil.

Berdasar seluruh referensi dan penjelasan dari Juru Bicara Prabowo, informasi perihal Prabowo bagi-bagi hadiah adalah tidak benar. Unggahan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

Artikel ini disadur dari kompas.com.

===

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/10/164000082/-hoaks-prabowo-tawarkan-bantuan-melalui-whatsapp