[SALAH] Video Ibu dari Baby Jailyn yang Meninggalkan Bayinya Selama 10 Hari Dijatuhi Hukuman Suntik Mati

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut tidak menunjukkan Kristel Candelario, ibu dari Baby Jailyn. Video tersebut sudah lama beredar sejak Desember 2019 di YouTube. Diketahui Kristel Candelario dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, bukan hukuman suntik mati.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3UoX3dC

arsip video: https://bit.ly/3UTsIWc

= = =

Narasi:

“Ada yg masih ingat dengan kasus baby jailyn yg di tinggal 10 hari akhirnya meninggal, , ibu nya di jatuhi hukuman suntik mati”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang diklaim merupakan proses hukuman suntik mati bagi ibu dari Baby Jailyn, Kristel Candelario yang meninggalkan anak bayinya selama 10 hari untuk berlibur hingga akhirnya meninggal.

Namun setelah ditelusuri video tersebut tidak ada kaitannya dengan kasus bayi yang meninggal karena ditinggal ibunya yang ramai diperbincangkan pada Maret 2024 kemarin. Penelusuran melalui Google Lens, ditemukan video asli tersebut dipublikasi melalui channel YouTube Hannah Critchfield pada 1 Agustus 2019, atau 4 tahun sebelum ramainya kasus tersebut.

Dilansir dari Tirto.id, Kristel Candelario tidak dijatuhkan hukuman suntik mati, melainkan dihukum penjara seumur hidup atas dakwaan pembunuhan berencana dan membahayakan bayi perempuannya.

Dengan demikian, video proses hukuman suntik mati Kristel Candelario adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://tirto.id/kisah-bayi-jailyn-ditinggal-10-hari-dan-meninggal-ibu-dihukum-gXgn

= = =