[SALAH] SRI MULYANI TOLAK PERINTAH JOKOWI UNTUK GABUNG KABINET PRABOWO

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi terkait Sri Mulyani tolak perintah Jokowi untuk gabung kabinet Prabowo. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/752C-FGWT (Youtube)

=======

[NARASI]:
Politik terkini – SRI MULYANI TOLAK PERINTAH JOKOWI, GABUNG KABINET PRABOWO ? @garispolitik1320

MENGEJUTKAN..!
SRI MULYANI TOLAK JKW?
KABINET GEMUK PRABOWO RAWAN KORUPSI

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Garis Politik dengan narasi yang menyatakan bahwa Sri Mulyani tolak perintah Jokowi untuk gabung kabinet Prabowo karena kabinet Prabowo rawan korupsi.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu. Beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Pada awal video terdapat narasi yang membahas tentang Presiden Jokowi yang memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk terus menjaga komunikasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto. Narasi tersebut bersumber dari artikel cnnindonesia.com berjudul “Jokowi Perintahkan Sri Mulyani Bangun Komunikasi dengan Prabowo”.

Selain itu, narator dalam video tersebut juga membacakan artikel dari democrazy.id dengan judul “Sri Mulyani Tolak Jadi Menkeu Prabowo, Rocky Gerung: Beliau Tahu APBN Indonesia Akan Berantakan!”. Artikel ini membahas tentang pendapat Rocky Gerung terkait penolakan Sri Mulyani terhadap posisi Menteri Keuangan dalam kabinet Prabowo karena Sri Mulyani tahu APBN Indonesia akan berantakan.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim Sri Mulyani tolak perintah Jokowi untuk gabung kabinet Prabowo tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240509060520-532-1095655/jokowi-perintahkan-sri-mulyani-bangun-komunikasi-dengan-prabowo

https://www.democrazy.id/2024/02/sri-mulyani-tolak-jadi-menkeu-prabowo-rocky-gerung-apbn-indonesia-akan-berantakan.html