[SALAH] Ribuan Warga Jadi Tumbal Gelombang Tinggi Samudra Hindia 10 Mei 2024

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, narator hanya membaca ulang berita dari laman berita sumut.antaranews.com, serta dalam artikel tersebut BMKG hanya menghimbau para nelayan dengan adanya potensi gelombang tinggi. 

=====    

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi 

=====    

Sumber: youtube 
https://ghostarchive.org/varchive/iY2hkNFhq1o
=====    

Narasi   
BENCANA HARI INI~TAMAT!! RIBUAN WARGA JADI TUMBAL GANASNYA GELOMBANG SAMUDRA HINDIA JUM’AT 10-05-2024 

=====   

Penjelasan:   
Akun youtube Gembok Nusantara telah mengunggah sebuah video yang mengklaim adanya gelombang tinggi Samudra Hindia pada 10 Mei 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata narator dari video unggahan tersebut hanya membaca ulang artikel berita sumut.antaranews.com dengan judul “BMKG minta nelayan waspada gelombang tinggi di perairan nias, yang telah diunggah pada tanggal 9 Mei 2024. 

Dalam artikel tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hanya menghimbau warga untuk berhati hati dengan potensi gelombang tinggi di wilayah Nias. Balai Meteorologi Maritim Belawan mengimbau para nelayan mewaspadai potensi gelombang setinggi 2,0 meter di Samudera Hindia sebelah barat Nias dan sebelah barat Aceh. Dalam artikel tersebut juga tidak menyebutkan adanya korban jiwa akibat adanya gelombang tinggi. 

=====     

Referensi:    
https://sumut.antaranews.com/amp/berita/570129/bmkg-minta-nelayan-waspada-gelombang-tinggi-di-perairan-nias