[SALAH] Gelombang Dahsyat Sapu Bersih 5 Kabupaten di Jawa Barat

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang  dahsyat yang menyapu bersih 5 kabupaten di Jawa Barat. 

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/hBJaUQKNY2Y  (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~🔴LIVE‼️JAWA BARAT JEBOL LAGI,GELOMBANG DASYAT SAPU BERSIH 5 KABUPATEN SIANG INI”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah klaim di Youtube pada 14 Mei 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah terjadi gelombang dahsyat yang menyapu bersih 5 kabupaten di Jawa Barat.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian di Google ternyata isi video tersebut hanya berisi tentang peringatan BMKG mengenai potensi gelombang tinggi mencapai 2,5 meter. Narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “BMKG Ingatkan Waspada Potensi Gelombang Tinggi di Pesisir Jabar” yang diterbitkan oleh Republika.

Mengutip dari Republika, Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, saat ini wilayah Jabar memasuki awal musim kemarau dan masa peralihan atau pancaroba. Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi cuaca buruk. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang  dahsyat yang menyapu bersih 5 kabupaten di Jawa Barat. 

===========

 [REFERENSI] :

https://rejabar.republika.co.id/berita/sccm29512/bmkg-ingatkan-waspada-potensi-gelombang-tinggi-di-pesisir-jabar