[SALAH] Banjir Bandang Menimpa Bandar Lampung, Ribuan Rumah Hancur

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, informasi pada video youtube Gembok Nusantara merupakan berita terjadinya banjir di daerah Bandar Lampung pada 24 Februari 2024, serta narator yang hanya membaca ulang berita dari laman kompas.id
=====    

KATEGORI: Konten yang menyesatkan

=====    

Sumber: Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/sP0nx6UM144

=====       

Narasi   
BENCANA HARI INI~ 5 KOTA BANDAR LAMPUNG TERDAPAK BANJIR BESAR, RIBUAN RUMAH HANCUR SEPERTI SAMPAH. 

=====   

Penjelasan:   
Akun youtube Gembok Nusantara telah mengunggah sebuah video yang mengklaim adanya bencana banjir besar yang melanda 5 kota di Bandar Lampung, dan mengakibatkan ribuan rumah hancur. Video tersebut telah diunggah pada 10 Mei 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, narator tersebut hanya membaca ulang artikel dari kompas.id yang berjudul “Banjir Bandang Terjang Bandar Lampung Ratusan Warga Mengungsi” yang di unggah pada 25 Februari 2024. Dilansir dalam artikel tersebut, banjir bandang telah menimpa beberapa daerah di Bandar Lampung pada Sabtu, 24 Februari 2024. 

Pada 24 Februari 2024 banjir telah melanda sejumlah wilayah di Bandar Lampung yaitu Kelurahan di Kecamatan Kemiling, Kecamatan Rajabasa, Kecamatan Kedaton hingga Kecamatan Sukarame. Dampak yang terjadi akibat adanya banjir bandang ini adalah banyaknya rumah warga yang terendam banjir. 

Sehingga, informasi pada video youtube Gembok Nusantara merupakan berita terjadinya banjir di daerah Bandar Lampung pada 24 Februari 2024, serta narator yang hanya membaca ulang berita dari laman kompas.id

=====     

Referensi:    
https://www.kompas.id/baca/nusantara/2024/02/25/banjir-bandang-terjang-bandar-lampung-ratusan-warga-mengungsi