[SALAH] Ribuan Warga Terseret Tsunami 25 Meter di Pantai Selatan Cianjur

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, tidak benar adanya korban jiwa akibat tsunami setinggi 25 meter di Pantai Selatan Cianjur. Narator dalam video ini hanya membacakan artikel yang ditemukan di laman cnnindonesia. Artikel ini hanya menjelaskan bahwa BPBD sedang melakukan pendataan terkait kerusakan perahu di dermaga akibat gelombang tinggi pada 12 Maret 2024.

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/RfeiKSQv2Gk

====
[NARASI] Tsunami 25 Meter Mengamuk
Bencana hari ini ~ Pantai Selatan Cianjur Mengamuk Hingga 25 Meter, Ribuan Warga Terseret Ombak Gila.

====
[PENJELASAN]
Video beredar menyatakan bahwa Pantai Selatan Cianjur tsunami setinggi 25 meter hingga menyebabkan ribuan warga terseret ombak. Video ini diunggah oleh kanal Youtube Gembok Nusantara pada 11 Mei 2024 dan telah ditonton lebih dari 21 ribu tayangan.

Setelah ditelusuri, ternyata pernyataan tersebut tidak benar. Tidak ada kesesuaian antara judul dan pernyataan yang di sampaikan narator dalam video. Dalam video ini, narator membacakan artikel yang pemeriksa fakta temukan di laman http://cnnindonesia.com. Dalam artikel ini dijelaskan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pendataan terkait kerusakan akibat gelombang tinggi di Pantai Selatan Cianjur yang terjadi pada 12 Maret 2024. Dilansir dari laman http://cnnindonesia.com, gelombang tinggi ini mencapai 5 meter dan tidak merenggut korban jiwa. Hanya saja, gelombang tinggi ini mengakibatkan kerusakan pada perahu nelayan yang ditambatkan di dermaga.

Dengan demikian, tidak benar adanya pernyataan ribuan warga terseret tsunami 25 meter di Pantai Selatan Cianjur.

====
[REFERENSI]
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240312183509-20-1073444/gelombang-tinggi-terjang-pantai-selatan-cianjur-puluhan-perahu-rusak/amp