[SALAH] Perpindahan Ibukota ke Kalimantan Adalah Skenario China

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Pernyataan tersebut tidaklah benar. Gagasan pemindahan ibukota ke Kalimantan sudah ada sejak masa Presiden Soekarno. Selain itu, perpindahan ini dilakukan untuk pemerataan pembangunan.

Simak penjelasannya.

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Tiktok
https://ghostarchive.org/archive/Ov24J

====
[NARASI] Analisis perpindahan ibukota.
Pindah ibukota dari Jakarta ke Kalimantan adalah skenario besar dari Cina kenapa.

Ya pasti sekarang presiden kita si omon turunan cina gak perlu kaget.

====
[PENJELASAN]
Video diunggah oleh akun Tiktok bernama Anak Liar 021 menyatakan bahwa pindahnya ibukota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan adalah skenario dari Cina.

Setelah ditelusuri, ternyata pernyataan tersebut tidaklah benar. Dilansir dari http://detik.com Presiden RI, Jokowi menegaskan bahwa perpindahan ibukota ke Kalimantan dilatarbelakangi oleh sejumlah alasan penting diantaranya untuk pemerataan populasi, ekonomi, dan pembangunan. Selain itu, dilansir dari laman resmi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Presiden juga menegaskan bahwa pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN di Provinsi Kalimantan Timur bukan merupakan gagasan dirinya. Menurutnya, Presiden ke-1 RI Soekarno telah menggagas pemindahan ibu kota sejak tahun 1960 yang lalu.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada benar adanya pemindahan ibukota ke Kalimantan adalah skenario Cina.

====
[REFERENSI]
https://nasional.kompas.com/read/2022/03/01/20232691/alasan-jokowi-pindahkan-ibu-kota-negara-pemerataan-ekonomi-hingga-populasi?page=all

https://www.setneg.go.id/baca/index/presiden_jokowi_alasan_utama_pembangunan_ikn_adalah_pemerataan