[SALAH] Gambar “Rumah Ketua KPU Hasyim Ashari AMBRUK!!!”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya gambar yang diklaim merupakan rumah Ketua KPU, Hasyim Ashari merupakan tangkapan layar dari video yang diambil setelah gempa di Cianjur pada November 2022.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4a3gpL8

= = =

Narasi:

“Rumah ketua KPU Hasyim Ashari AMBRUK!!!”

“*Rumah’ Hasyim Asy’ari KPU tenggelam Ambruk Adzab Allah’*

*Satu persatu besok rumah Jokowi Luhut Sembilan naga Ali baba Yang terlibat Curang semua Nya.*

*Tenggelam ..TEGURAN BUAT PELAKU KECURANGAN PEMILU 2024.*

*SEMOGA YG MAHA KUASA SELURUH KRONI YANG MEMBUAT KECURANGAN BAIK PEJABAT MAUPUN OLIGARKI SELURUH CACING” NAGA. KUTIL KUTIL BABI SEMOGA DI LENYAPKAN DI REPUBLIK INDONESIA INI.*”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah gambar di Facebook yang menunjukkan rumah ambruk yang diklaim rumah tersebut adalah rumah dari Ketua KPU, Hasyim Ashari.

Namun setelah ditelusuri melalui Google Lens, justru ditemukan beberapa artikel berita dari Liputan6.com yang menyebut bahwa klaim tersebut adalah hoaks. Humas Polda Jabar pada postingan Instagramnya juga mengklarifikasi bahwa ambruknya rumah tersebut merupakan dampak dari gempa Cianjur pada November 2022.

Sebelumnya pemeriksa fakta Mafindo telah menemukan postingan lain yang menunjukkan video berbeda yang diambil dari lokasi dan sudut pengambilan yang sama, pada captionnya menyebut bahwa ambruknya rumah tersebut adalah dampak dari gempa di Cianjur.

Dengan demikian, gambar ambruknya rumah Ketua KPU adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://lens.google.com/search?ep=gsbubb&hl=id&re=df&p=AbrfA8oTTjLI1Rvc_8dAPUVehRdxqGZ_Zdstwb-acAp606ewjSGrQu5f52COf5IflZt17GqBVde8EPyIPdLScJfqRKDkDjtW_Bt5cYRBsFCZOOXb01_p43TSeOtQp8US7-ps3pEJqhTZ83wzmBu4zNRMfTKqrJNYSVgeUx6e4hJWIGjKkV1ixVig132J_zYYf9QdMnmWrXenWD79Nw%3D%3D#lns=W251bGwsbnVsbCxudWxsLG51bGwsbnVsbCxudWxsLG51bGwsIkVrY0tKREEyTWpWbVl6UTFMV1ptTjJZdE5HWmpOaTFoTWpJMUxXSXlNREkyTmpSbE5UWTNaQklmUlRkWFFqWjZVMnRhYlhOVGMwWldkMUYzZG5veE4waHRNbTVKYWpsU1p3PT0iLG51bGwsbnVsbCxudWxsLDEsbnVsbCxbbnVsbCxudWxsLFswLDMyMzUzLDY3NjQ3LDEwMDAwMF1dXQ==

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5583016/cek-fakta-tidak-benar-foto-ini-rumah-ketua-kpu-ambruk

https://www.instagram.com/humaspoldajabar/p/C5fpZRtPz4j/?img_index=1

= = =