[SALAH] Ronaldo Buka Suara Soal Kecurangan Liga Indonesia vs Uszbekistan

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video tersebut merupakan video saat Ronaldo melakukan konferensi pers dalam laga Liga Champions antara Manchester United Vs Juventus di Old Trafford pada tahun 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten menyesatkan

Beredar sebuah postingan oleh akun Twitter @Ghurem2 yang menampilkan sebuah video konferensi pers yang dilakukan oleh Cristiano Ronaldo. Konferensi pers tersebut diduga disampaikan oleh Ronaldo terkait kecurangan dalam pertandingan Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Qatar.

NARASI:
Ronaldo buka suara
tentang kecurangan wasit

Kalah dalam sebuah kompetisi atau pertandingan itu hal biasa
yg menyakitkan itu jika..
” Kalah karena dicurangi…”
Sakitnya tuh disini
Sapa yg sependapat…??

Sumber: Twitter https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/05/HUREMO1.pdf Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran dengan menggunakan tools InVid, video tersebut bukan merupakan konferensi pers terkait kecurangan dalam pertandingan Piala Asia U-23 antara Indonesia vs Uzbekistan.

Diketahui bahwa  timnas Indonesia kalah dalam pertandingan melawan Uzbekistan dengan skor 0-2 pada Senin (29/4) di Piala Asia U-23 2024. Kekalahan Timnas Indonesia membuat netizen ramai bereaksi di media sosial. Namun sayangnya, pada moment tersebut juga menyebabkan kemunculan disinformasi yang tersebar di media sosial. Salah satunya adalah video yang ditampilkan oleh akun Twitter @Ghurem2 pada 30 April 2024.

Video tersebut merupakan video saat Ronaldo melakukan konferensi pers dalam laga Liga Champions antara Manchester United Vs Juventus di Old Trafford pada tahun 2018. Dalam jumpa pers tersebut Ronaldo berbicara terkait kenangannya bersama MU dan juga persiapan jelang laga tersebut. Sementara laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan sendiri digelar Senin 29 April 2024 lalu atau berbeda 5 tahun dengan video Ronaldo.

Dengan demikian, konferensi pers yang dilakukan Ronaldo terkait kekalahan pertandingan Piala Asia U-23 antara Indonesia vs Uzbekistan adalah tidak benar, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Referensi:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5586307/cek-fakta-hoaks-video-cristiano-ronaldo-angkat-bicara-soal-wasit-di-laga-timnas-indonesia-vs-uzbekistan?page=2
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240430091157-37-534519/timnas-indonesia-u-23-kalah-lawan-uzbekistan-netizen-ramai-komen-ini
https://www.youtube.com/watch?v=V_vjWX8tawQ