[SALAH] Gas Elpiji Bisa Terisi Kembali dengan Disiram Air Panas

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Yudi Nugraha, peneliti dari Pusat Riset Metalurgi BRIN menyebut bahwa penyiraman air panas pada tabung gas elpiji tidak akan menambah kuantitas gas dalam tabung. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/44kd7lw

= = =

Narasi:

“Kenapa baru tau sekarang GAS ELPIJI habis bisa terisi kembali hanya modal 0 Rupiah”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Sebuah postingan di Facebook membagikan informasi bahwa gas elpiji dapat terisi kembali secara gratis dengan cara menyiram air panas pada bagian luar tabung gas. Postingan tersebut juga menunjukkan bagaimana gas yang sudah habis bisa menyalakan kompor kembali setelah tabung diisi air panas.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, klaim tersebut keliru. Yudi Nugraha, peneliti dari Pusat Riset Metalurgi BRIN menyebut bahwa penyiraman air panas pada tabung gas elpiji tidak akan menambah kuantitas gas dalam tabung.

Yudi menjelaskan kompor bisa menyala kembali karena adanya kenaikan suhu pada permukaan luar tabung akan meningkatkan tekanan sisa gas pada bagian dalam tabung sehingga gas mengalir ke selang menuju kompor dan api bisa menyala kembali.

Menurut Yudi cara yang dilakukan untuk memanfaatkan sisa gas dalam tersebut tidak efisien jika dibandingkan dengan energi yang dibutuhkan untuk mendidihkan air panas. Selain itu, penyiraman air panas dapat merusak lapisan cat pada tabung dan mengakibatkan karat pada tabung.

Dengan demikian, gas dapat terisi kembali dengan menyiram air panas adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/30/121200882/-klarifikasi-tidak-benar-tabung-elpiji-kosong-bisa-terisi-lagi-setelah?page=all#page2

= = =