[SALAH] Banjir Belasan Meter di Toraja Puluhan Warga Tenggelam

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya banjir yang menerjang Toraja hanya menyebabkan kendaraan baik roda empat dan roda dua tidak bisa melintas karena derasnya arus air yang datang secara tiba-tiba. 

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/cNaESU7G_dw  (arsip)

===========

[NARASI]: “SULAWESI TORAJA MENCEKAM | DETIK2 TERJADINYA BANJIR BESAR BELASAN METER AIR NAIK DRASTIS | BENCANA HARI INI~BANJIR GILA HARI INI TERJADI, SULAWESI TORAJA BERDUKA PULUHAN WARGA TENGGELAM”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah klaim di Youtube pada 29 April 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah terjadi peristiwa banjir belasan meter yang melanda wilayah Toraja hingga puluhan warga tenggelam.

Untuk mencari tahu kebenaran dari klaim tersebut, dilakukan pencarian di Google dengan keyword “banjir di Toraja april 2024”. Hasilnya ditemukan sebuah artikel dari media Sindonews yang membahas isu serupa.

Melansir dari artikel Sindonews yang berjudul “Banjir Bandang Enrekang Lumpuhkan Jalur Trans Sulawesi ke Toraja” diketahui bahwa banjir yang menerjang Toraja hanya menyebabkan kendaraan baik roda empat dan roda dua tidak bisa melintas karena derasnya arus air yang datang secara tiba-tiba. 

Sementara itu, fenomena tersebut diketahui terjadi pada 27 April 2024. Air bah yang mendadak menerjang pusat kota itu disebabkan tingginya curah hujan dalam beberapa jam terakhir hingga menggenangi jalan raya.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya banjir setinggi belasan meter yang melanda Toraja.  

===========

 [REFERENSI] :

https://daerah.sindonews.com/read/1367267/604/banjir-bandang-enrekang-lumpuhkan-jalur-trans-sulawesi-ke-toraja-1714277071