[SALAH] Spesimen Surat Suara Bacalon Gubernur Jatim

Hasil periksa fakta Rahmah.

Diskominfo Jatim membantah unggahan yang beredar adalah tidak benar. Berdasarkan timeline Pilgub Jatim saat ini masih dalam tahap perencanaan penyelenggaraan. Penetapan paslon gubernur dilakukan pada 22 September 2024.

KATEGORI: KONTEN PALSU

===
SUMBER: Flyer
https://archive.ph/eQ49i

===
NARASI:
Bakal ada pertarungan seru nih!!
Wakilnya PhD semua…

===
PENJELASAN:
Artikel disadur dari Kompas.
Banyak beredar di media sosial yang mengunggah gambar specimen surat suara diklaim sebagai kandidat bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2024. Pada gambar surat suara tersebut bakal calon pasangan nomor 1 terdapat foto Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, sedangkan bacalon nomor 2 Tri Rismaharini-Thoriqul Haq.

Setelah ditelusuri unggahan tersebut tidak benar. Dilansir dari klinikhoaks.jatimprov.go.id, setelah diverifikasi merujuk pada unggahan di akun Instagram KPU Jawa Timur dijelaskan saat ini pemilihan gubernur Jawa Timur masih dalam tahap perencanaan penyelenggaraan sampai 18 November 2024. Sedangkan penetapan pasangan calon dilakukan pada 22 September 2024

Maka dari itu spesimen surat suara bacalon gubernur Jawa Timur adalah tidak benar sehingga masuk ke dalam konten palsu.

===
REFERENSI:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/26/161800982/-klarifikasi-kpu-jatim-belum-keluarkan-spesimen-surat-suara-pilkada.

https://klinikhoaks.jatimprov.go.id/post/hoaks-spesimen-surat-suara-bakal-calon-gubernur-jawa-timur-6625ef3c8c542#blogdetail

https://www.instagram.com/p/C47MsbYJSA6/?igsh=MW8yZWk1YjQ4ZXU1eQ%3D%3D¬