[SALAH] Prosesi Peletakan Tumbal Jokowi Dalam Membangun IKN

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Video tersebut bukan peletakan tumbal untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Faktanya adalah prosesi penyatuan tanah dan air di IKN, yang menandakan persatuan Indonesia untuk membangun Nusantara.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://ghostarchive.org/archive/H5bm8

[NARASI]
“Prosesi Peletakan Tumbal Jokowi Dalam Membangun IKN”

[PENJELASAN]
Akun TikTok @rojobranded membagikan video dengan narasi “peletakan tumbal untuk pembangunan IKN.” Video itu memperlihatkan Jokowi menjalani sebuah prosesi saat di IKN. Faktanya, prosesi tersebut bukan prosesi penumbalan.

Dilansir dari Kompas.com, Presiden Joko Widodo memimpin prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia di titik nol ibu kota negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022).

Jokowi menjelaskan prosesi ini merupakan bentuk dari kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun ibu kota Nusantara ini. Adapun prosesi penyatuan tanah dan air di titik nol IKN Nusantara diikuti oleh gubernur dari semua provinsi di Indonesia.

Video lengkap prosesi penyatuan tanah dan air di IKN dapat dilihat di YouTube Kompas TV dengan judul ” “FULL Prosesi Penyatuan Tanah dan Air dari 34 Provinsi di Titik Nol IKN Nusantara” yang diunggah pada 14 Maret 2022.

[REFERENSI]
https://nasional.kompas.com/read/2022/03/14/09564731/prosesi-penyatuan-tanah-dan-air-di-ikn-nusantara-jokowi-bentuk-kebinekaan

https://youtu.be/ToIbGG0dXOI?si=y11Je8MuZdw-xFml