[SALAH] KFA PERINTAHKAN SELURUH PELATIH KORSEL BAWA KEMBALI NEGARANYA UNTUK OLIMPIADE 2028; KONTRAK SHIN TAE-YONG GAGAL DIPERPANJANG

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, Ketua Umum PSSI, Eric Tohir, secara resmi telah mengonfirmasi bahwa kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia akan diperpanjang sampai 2027. Terkait dengan pernyataan KFA, tidak ditemukan ulasan resmi mengenai hal tersebut.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: X
https://perma.cc/4KWR-2YAR

=====
[NARASI]:

“Statement Presiden KFA : “Semua pelatih yg berstatus WN Korea baik didlm maupun diluarnegeri wajib bertanggung jawab menaikan kembali korsel ke olimpic 2028, sudah saatnya loyalitas pelatih ke negaranya dinomorsatukan”
Sty ga jadi perpanjang kontrak.”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah narasi melalui media sosial X, tentang klaim yang menyebutkan bahwa kontrak pelatih Tim Nasional (Timnas), Shin Tae-yong, tidak diperpanjang, usai sukses menghantarkan Timnas Indonesia menuju semifinal Piala AFC U-23 Asian Cup 2024. Hal ini disebutkan akibat perintah dari Presiden KFA (Korean Football Association), agar semua pelatih yang berstatus warga negara Korea, baik di dalam maupun di luar negeri, wajib bertanggungjawab menaikkan kembali Korsel ke Olimpiade 2028. Artinya, loyalitas seluruh pelatih yang berasal dari Korea Selatan harus dinomorsatukan. Namun benarkah ini menjadi tanda bahwa Shin Tae Yong tidak akan memperpanjang kontrak dengan Indonesia?

Setelah melakukan penelusuran terkait dengan kontrak dari Shin Tae-yong, didapati fakta bahwa STY secara resmi telah memperpanjang kontraknya sebagai pelatih Timnas Indonesia sampai tahun 2027 mendatang. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Ketua Umum PSSI, Eric Tohir, melalui akun Instagram pribadinya.

“Setelah menikmati makanan khas Korea dan diskusi tentang program Timnas Indonesia hingga 2027, saya dan coach Shin Tae-yong sepakat untuk melanjutkan kerja sama.”

Lalu terkait dengan pernyataan yang diklaim berasal dari Ketua KFA, hal tersebut merupakan sebuah klaim yang keliru. Pasalnya, tidak ditemukan ulasan resmi dari KFA mengenai klaim yang terdapat di dalam cuitan akun X tersebut. Sebaliknya, melansir dari artikel bola.kompas.com, KFA meminta maaf usai Timnas U23 Korea Selatan gagal ke Olimpiade Paris 2024.

“Pada masa depan, kami akan meninjau ulang dengan seksama perkembangan pemain dan pelatih serta sistem manajemen tim nasional dan mencari cara untuk memperbaikinya agar kekalahan hari ini tidak terulang kembali,” demikian pernyataan KFA.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa kontrak Shin Tae-yong tidak diperpanjang karena KFA memerintahkan seluruh pelatih yang berasal dari Korea Selatan untuk bertanggung jawab membawa Korsel ke Olimpiade 2028, merupakan klaim yang keliru. Narasi ini dapat dikategorikan sebagai misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.detik.com/bali/sepakbola/d-7309955/kontrak-shin-tae-yong-resmi-diperpanjang-hingga-2027

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20240425095550-142-1090256/kronologi-kontrak-shin-tae-yong-diperpanjang-hingga-2027

https://bola.kompas.com/read/2024/04/27/07491708/kfa-minta-maaf-usai-korsel-kalah-dari-indonesia-dan-gagal-ke-olimpiade

https://www.instagram.com/p/C6Krs07PlAB/?igsh=MXgzYTBuZnJ0YnQyaQ==

=====