[SALAH] JANJI SIAP TINGGALKAN INDONESIA JIKA TIDAK JADI PRESIDEN

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, tidak ada pernyataan dari Anies yang menyebutkan bahwa dirinya akan tinggalkan Indonesia jika tidak jadi presiden.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: YOUTUBE
https://ghostarchive.org/archive/srncK

=====
[NARASI]:

“GEGER! MENAGIH JANJI ANIES SIAP TINGGALKAN INDONESIA JIKA TIDAK JADI PRESIDEN”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah video yang diunggah melalui sebuab akun Youtube, menampilkan sebuah video dengan judul, “GEGER! MENAGIH JANJI ANIES SIAP TINGGALKAN INDONESIA JIKA TIDAK JADI PRESIDEN”. Akun bernama KBN Nusantara ini mengunggah video tersebut pada 16 April 2024 dan telah ditonton oleh lebih dari 160 ribu pengguna Youtube. Lalu apakah benar bahwa Anies berjanji tinggalkan Indonesia jika tidak jadi presiden?

Setelah melakukan penelusuran terhadap sumber asli dari video yang diunggah oleh KBN Nusantara ini, didapati fakta bahwa tidak ada pernyataan dari Anies yang menyebutkan dirinya akan pindah dari Indonesia jika tidak terpilih menjadi presiden.

Unggahan ini ternyata mengambil cuplikan video dari unggahan milik akun Youtube bernama JAGAT’ARSY TV yang berjudul, “Anies Baswedan dapat jimat dari Abah Aos || Jagat 12 Ags 2023”. Di dalam video tersebut, Anies tampak sedang mendengarkan nasihat dari seseorang yang dikenal dengan nama Syaikh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh (Abah Aos) di dalam acara Manaqib Tuan Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani pada Sabtu, 12 Agustus 2023 di Komplek Nusaloka BSD, Tanggerang Selatan.

Di dalam pertemuan tersebut, Abah Aos diketahui memberi nasihat kepada Anies terkait dengan dirinya yang mencalokan diri menjadi presiden Indonesia untuk periode 2024-2029. Saat sedang berbicara di hadapan jamaah, Abah Aos sempat mengeluarkan kalimat yang berbunyi:

“Kalau tidak mau jadi presiden ke delapan, Bapak angkat kaki dari Indonesia…”, ucap Abah Aos yang diikuti tepukan tangan dari jamaah.

Jadi dapat disimpulkan, judul yang berisi klaim bahwa Anies janji akan tinggalkan Indonesia jika tidak jadi presiden, merupakan klaim yang keliru. Narasi seperti ini dapat dikategorikan sebagai misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://barisan.co/saat-tausiyah-kebangsaan-di-pesantren-dunia-jagat-arsy-anies-mendapat-jimat-dan-dukungan-dari-abah-aos/

=====