[SALAH]: Virus menyebar melalui angin di Jayapura

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Klaim video berisi seorang anak terkena terkena virus yang menyebar melalui angin di Jayapura tidak benar, anak di video tersebut terkena cacar air.

====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan.

====

[SUMBER]: https://perma.cc/M667-623G

====

[NARASI]: Saat ini di Jayapura sedang ada penyebaran Virus melalui angin yang menyerang anak-anak kecil seperti pada video di atas ini, mohon untuk semua orang tua jangan membiarkan anak-anaknya bermain lebih lama di luar rumah, dan harus memberi makan yang cukup serta menjaga sistem kekebalan tubuh mereka dengan baik, agar anak2 usia ini mampu melawan virus yang mau menyerang tubuh mereka. Kepada kita yang sudah melihat info ini, agar bisa menyebarkan pada semua keluarga, teman, sanak saudara, dn mohon untuk menyebarkan info ini kepada grup yang lainnya. Agar semua orang bisa mengetahui, mencegah dan secepatnya mencari pertolongan pertama.

====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah video dengan klaim seorang anak terkena virus yang menyebar melalui angin di Jayapura. Video tersebut berisi seorang anak yang terpapar Virus memiliki gejala seluruh tubuh muncul bintik-bintik.

Namun setelah dilakukan penelusuran klaim tersebut tidak benar.

Faktanya, video yang beredar menunjukkan seorang anak mengalami bentol-bentol di kulitnya, mirip dengan foto yang dipublikasikan dalam berita oleh Fajarpapua.com yang menyatakan kemiripan dengan virus cacar monyet menurut Dinas Kesehatan Kota Jayapura.

Meskipun demikian, kepala dinas kesehatan setempat, Ni Nyoman Sri Antari, mengkonfirmasi bahwa beberapa warga di Abepura tahun ini telah terjangkit penyakit yang serupa dengan cacar monyet seperti dalam video tersebut. Cacar monyet, atau monkeypox, adalah infeksi virus yang ditandai dengan munculnya bintil bernanah di kulit dan dapat menular melalui kontak langsung antarmanusia atau melalui hewan pengerat dan primata yang terinfeksi seperti tikus, monyet, atau tupai.

Di sisi lain, cacar air disebabkan oleh virus Varicella zoster dan dapat menular melalui droplet yang dikeluarkan saat seseorang batuk atau bersin, seperti yang dijelaskan di Halodoc.com. Berdasarkan laporan dari Republika.co.id pada Kamis, 18 April 2024, kakak dari anak yang ada dalam video, bernama Grace, telah mengonfirmasi bahwa adiknya sebenarnya terinfeksi cacar air dan sudah sembuh.

Dengan demikian klaim video tersebut tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

====

[REFERENSI]: https://ameera.republika.co.id/berita/sc4z42425/video-anak-kena-virus-angin-di-jayapura-ternyata-hoaks-seperti-apa-faktanya

https://www.halodoc.com/kesehatan/cacar-air#h-penyebab-cacar-air

Virus Misterius Mirip Penyakit Cacar Monyet Menyerang Sejumlah Warga Kota Jayapura