[SALAH]: Bali dikeroyok nyamuk Bill Gates

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Narasi mengenai Bill Gates menyebarkan nyamuk penyebab kaki gajah di Bali tidak benar, narasi nyamuk itu akan digunakan untuk menyebarkan penyakit kaki gajah juga keliru. Tidak ada kaitan antara penyakit filariasis dengan teknologi wolbachia yang digunakan pada nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD.

====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan.

====

[SUMBER]: https://perma.cc/XU55-JZQ8

====

[NARASI]: NEGARA GENTING SEKALI KITA DIJAJAH KONSPIRASI DUNIA

====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah informasi bahwa Pendiri Microsoft, Bill Gates, menyebarkan nyamuk penyebab kaki gajah di Bali.

Namun setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut tidak benar.

Faktanya, Strategi pengendalian demam berdarah dengue (DBD) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melibatkan pelepasan nyamuk Aedes aegypti yang telah diinfeksi bakteri wolbachia.

Wolbachia adalah bakteri yang bisa menghentikan penyebaran virus dengue dalam tubuh nyamuk Aedes aegypti, sehingga mencegah penularannya kepada manusia. Selain itu, ketika nyamuk Aedes aegypti jantan yang telah terinfeksi wolbachia berkembangbiak dengan nyamuk betina, maka virus dengue dalam tubuh nyamuk betina akan terhambat. Bali menjadi salah satu wilayah uji coba pelepasan nyamuk wolbachia untuk menekan penularan DBD melalui kerja sama Kemenkes dengan World Mosquito Program (WMP). Uji coba tersebut sebelumnya juga telah dilakukan di Yogyakarta dan Kabupaten Bantul dan berhasil menekan kasus demam berdarah sebesar 77 persen.

Klaim nyamuk tersebut menyebabkan kaki gajah tidak benar, karena Wolbachia yang ada pada cacing yang menyebabkan filariasis itu berbeda jenisnya dengan wolbachia pada nyamuk Aedes aegypti. Jadi wolbachia ini bukan hanya satu jenis, tetapi ada ribuan jenis, adapun penyakit kaki gajah disebabkan oleh infeksi parasit yang diklasifikasikan sebagai nematoda (cacing gelang) dari famili Filariodidea.

Dengan demikian nyamuk yang dilepas di Bali bukanlah milik Bill Gates melainkan strategi pengendalian Demam Berdarah oleh Kementerian Kesehatan, sehingga klaim video tersebut tidaklah benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

====

[REFERENSI]: https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/30/101100782/hoaks-dan-fakta-seputar-nyamuk-wolbachia

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/23/173900782/-hoaks-bill-gates-melepaskan-nyamuk-penyebar-kaki-gajah-di-bali

https://ugm.ac.id/id/berita/delapan-tahun-lepas-nyamuk-ber-wolbachia-kota-yogyakarta-catatkan-rekor-kasus-dbd-terendah-sepanjang-sejarah/