[SALAH] Prabowo menang di MK Aceh langsung kibarkan bendera GAM langsung keluar dr Indonesia

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya video yang digunakan merupakan cuplikan upacara peringatan Milad Gerakan Aceh Merdeka ke-47 yang dilaksanakan pada 4 Desember 2023 lalu, sehingga tidak ada kaitannya dengan putusan MK pada sengketa Pemilu 2024. Selengkapnya di bagian PENJELASAN.
==========================
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================
NARASI
Ps menang di MK  Aceh langsung kibarkan bendera GAM langsung keluar dr Indonesia
Setelah kehilangan Timor Timur ,jadi Timor Leste,Nth daerah mana lagi yg ingin memisah diri, padahal kasus OPM pun masih terus berlanjut
Bingkai persatuan yg makin retak,dan rusak,sejak Mukidi jadi penguasa, Hanya di rezim Mukidi lah bazer di pelihara.
SUMBER
https://www.facebook.com/share/v/FuyeEHTsAKyhyEp5/?mibextid=oFDknk  (https://archive.md/MIRAF arsip)


==========================
PENJELASAN:

Sebuah akun Facebook dengan nama Amna Fareeha Noor mengunggah sebuah video yang menampilkan sekelompok orang melakukan upacara bendera. Adapun dalam video tersebut, bendera yang dikibarkan merupakan bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Video tersebut diunggah dengan klaim narasi GAM langsung keluar dari Indonesia pasca putusan MK soal sengketa Pilpres 2024.

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan tools Google Lens, ditemukan fakta bahwa video yang digunakan merupakan cuplikan peringatan Milad GAM yang dilaksanakan di Aceh Utara pada 4 Desember 2023 lalu. Sehingga tidak ada kaitannya dengan putusan MK terkait sengketa Pemilu 2024 sebagaimana klaim pada narasi.

Hal tersebut sebagaimana disebutkan dalam berita lingkarpos.com bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan oleh ratusan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Pase. Mereka berkumpul di lapangan Cluster I PT Pema Global Energi (PGE) Aceh Utara untuk memperingati Milad GAM yang ke 47 Tahun.

Kepada awak media M. Jhony yang juga Ketua PA Aceh Utara mengutarakan “ Ini agenda khusus dan wajib dilaksanakan setiap milad GAM yang diperingati setiap tanggal 4 Desember bagi kami Kombatan GAM” ujarnya sebagaimana dikutip dari lingkarpos.

Dengan demikian, klaim pada narasi tersebut bahwa GAM memisahkan diri dari indonesia pasca sidang putusan MK terkait Pilpres 2024, tidak benar.

========================
REFERENSI

1.    https://lingkarpos.com/2023/12/milad-gam-ke-47-m-jhony-rakyat-aceh-tidak-miskin-tapi-dimiskinkan-oleh-negera.html
2. https://durasi.tv/news/milad-gam-ke-47-di-pase-mantan-kombatan-kibarkan-bendera-bulan-bintang/
3. https://www.viva.co.id/trending/1664734-viral-bendera-bulan-bintang-berkibar-di-aceh-saat-gam-gelar-ulang-tahun-diiringi-azan