[SALAH]: Gedung runtuh akibat gempa di Taiwan

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Video yang beredar di media sosial dengan klaim gedung runtuh akibat gempa di taiwan tersebut tidak benar. Video tersebut merupakan hasil manipulasi dari video lain yang diliput oleh Global Times dan Vice News pada Agustus 2021.

====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan.

====

[SUMBER]: https://perma.cc/J3NZ-YSDV?type=image

====

[NARASI]: Taiwan Bergetar.

====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah video yang menunjukkan sejumlah gedung runtuh di Taiwan. Video tersebut dipublikasikan dua hari setelah gempa berkekuatan 7,4 melanda Hualien, yang berlokasi sekitar 100 kilometer di sebelah tenggara Taipei, ibu kota Taiwan.

Namun setelah dilakukan penelusuran video tersebut tidak benar.

Faktanya, pada tanggal 27 Agustus 2021, 15 bangunan yang belum selesai di bagian tahap kedua Kota Bintang Liyang, Kota Kunming, Provinsi Yunnan dihancurkan dengan cara ledakan. Ini adalah momen 15 bangunan yang belum selesai dihancurkan secara bersamaan di barat daya Tiongkok.

Video spektakuler ini difilmkan di kota Kunming di Provinsi Yunnan pada tanggal 27 Agustus. Lima belas bangunan yang belum selesai, yang berdiri selama tujuh tahun, dihancurkan pada saat yang bersamaan. Dan menimbulkan kepulan asap besar ke udara, Pihak berwenang memutuskan untuk mengambil tindakan karena bangunan tersebut telah lama ditinggalkan dan ruang bawah tanah terendam air hujan.

Total area pembongkaran, diukur berdasarkan total luas lantai dan jumlah bangunan, dilaporkan merupakan yang terbesar untuk satu kali pembongkaran bangunan di Tiongkok.

Dengan demikian klaim bahwa gedung rubuh dikarenakan gempa di Taiwan tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan .

====

[REFERENSI]: https://youtu.be/M9b9V2mUzjU?si=llV3V-CQNyqsiewJ