[SALAH] Gempa Bumi 6,7 Magnitudo Guncang Halmahera, Ribuan Warga Mengungsi

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, unggahan yang menyatakan bahwa ribuan warga mengungsi akibat gempa berkekuatan 6,7 magnitudo di Halmahera tidak benar. Narasi yang ditulis dan yang disampaikan narator tidak ada kesesuaian.

====
[KATEGORI] Konten Menyesatkan

====
[SUMBER] Youtube
https://bit.ly/4bcSz0C

====
[NARASI] BARU SAJA PAGI INI GEMPA MAGNITUDE 6,7 GUNCANG HALMAHERA, RIBUAN WARGA BERHAMBURAN MENGUNGSI

====
[PENJELASAN]
Sebuah video diunggah oleh kanal Youtube CCTV BENCANA pada 25 April 2024 dan menyatakan bahwa terjadi gempa di Halmahera dengan kekuatan 6,7 magnitudo. Dalam unggahan ini juga dituliskan bahwa ribuan warga mengungsi akibat terjadinya gempa. Video ini telah ditonton lebih dari 360 tayangan.

Setelah dilakukan penelusuran, narasi yang dituliskan dengan pernyataan narator tidak sesuai. Video yang ditampilkan juga berupa cuplikan-cuplikan kejadian gempa dan tidak menunjukkan berada di Halmahera. Pemeriksa fakta mencoba mencari pernyataan yang disampaikan narator melalui Google dan hasilnya sama dengan tulisan artikel di laman http://detik.com. Dalam artikel ini gempa terjadi di Halmahera Barat, Maluku Utara pada 23 April 2024. Gempa yang terjadi berkekuatan 3,3 magnitude dan hingga saat ini tidak ada informasi terkait dampak yang ditimbulkan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video yang menyatakan bahwa Halmahera diguncang gempa 6,7 dan ribuan warga mengungsi tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7305516/gempa-bumi-terkini-m-3-3-guncang-halmahera-barat-maluku-utara/amp