[SALAH] Gambar Kartini Memakai Hijab

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Kartini memakai hijab merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Faktanya, pendiri Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali menjelaskan bahwa gambar tersebut merupakan hasil editan.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://web.archive.org/web/20240427030145/http://web.archive.org/screenshot/https://www.facebook.com/share/Z1rijvZJJL5hVYoA/?mibextid=xfxF2i

= = = = =

NARASI:
“Photo asli RA Kartini ketika menjadi santri Kyai Saleh Darat. Tidak memakai konde dan berkebaya. Foto RA Kartini yang berkonde dan berkebaya versi Belanda akan terus dikeluarkan oleh kaum sekuler agar RA Kartini tetap dikenang sebagai perempuan yang tak mau berjilbab.”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook Alfian Kanigara Alfian Kanigara memposting sebuah gambar yang diklaim foto Kartini yang sedang memakai hijab dan berkacamata. Postingan tersebut diunggah pada 24 April 2024 pukul 05.29.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci “Kartini Berhijab” ditemukan artikel Kompas.com “Sejak Kapan Foto Kartini Berjilbab dan Berkacamata Beredar di Internet?” 18 April 2022. Dalam artikel tersebut ditemukan informasi bahwa foto tersebut merupakan hasil olah digital, hal tersebut dijelaskan oleh pendiri Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali. Mengenai narasi Kartini merupakan santri dari Kyai Saleh Darat hal tersebut hanya cocokologi. Hoaks Kartini menggunakan hijab merupakan hoaks yang lama kembali beredar. Pada website turnbackhoax.id pada bulan Agustus dan setiap bulan April dari tahun 2019 – 2022 ditemukan hoaks tersebut.

Dengan demikian gambar Kartini memakai hijab merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Pendiri Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali menjelaskan bahwa gambar tersebut merupakan hasil editan, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/04/18/091042282/sejak-kapan-foto-kartini-berjilbab-dan-berkacamata-beredar-di-internet?page=all
https://turnbackhoax.id/2022/08/14/salah-foto-ra-kartini-memakai-jilbab-dan-kacamata-saat-menjadi-santri/
https://turnbackhoax.id/2022/04/21/salah-photo-asli-ra-kartini-ketika-menjadi-santri-kyai-saleh-darat-tidak-memakai-konde-dan-berkebaya/
https://turnbackhoax.id/2021/04/30/salah-foto-r-a-kartini-memakai-kerudung-dan-kacamata/
https://turnbackhoax.id/2019/04/23/salah-foto-ra-kartini-berjilbab-dan-berkaca-mata/