[SALAH] Uang 10 Juta Via Dompet Digital dari Jusuf Hamka

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa Jusuf Hamka membagikan uang melalui dompet digital di Facebook, akun yang mengatasnamakan Jusuf Hamka tersebut dapat diwaspadai sebagai modus penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/8Cl05 (arsip)

===========

[NARASI]: “Khusus yg ga punya rekening sini kumpul 🤗 aku mau bagi bagi uang 10jt/org utk pengguna DANA, OVO, GOPAY, semoga rezeki kamu hari”

===========

[PENJELASAN]: 

Pada tanggal 23 April 2024 yang lalu ditemukan sebuah unggahan di Facebook yang mengatasnamakan Jusuf Hamka, membagikan sebuah unggahan bahwa ia akan memberikan uang 10 juta via dompet digital seperti Dana, Ovo, dan Gopay.

Namun, hal ini bukan merupakan klaim yang benar adanya. Beberapa kali turnbackhoax.id juga menemukan unggahan serupa, seperti pada artikel berjudul [SALAH] “Jusuf Hamka berbagi hadiah melalui akun Facebook Jusuf Hamka” dan [SALAH] Jusuf Hamka Bagikan THR Lebaran 2024 di Tiktok.

Melalui akun Instagram resmi Jusuf Hamka (@jusufhamka), ia membuat sebuah unggahan pada 31 Maret 2023, di unggahan ini ia menjelaskan bahwa akun media sosial Jusuf Hamka hanya ada dua yakni @jusufhamka di Instagram dan @mohjusufhamka_official di Tiktok.

Melalui penjelasan di akun Instagram Jusuf Hamka tersebut, maka dapat dipastikan jika segala unggahan yang berasal dari akun tiruan yang mengatasnamakan dirinya adalah modus penipuan.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/reel/CqcanfbgAXC/