[SALAH] Jokowi Berikan Speaker Bluetooth dalam Rangka Lepas Jabatan

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya video tersebut merupakan hasil editan mengubah suara memakai teknologi AI, sehingga seakan-akan Presiden Jokowi benar membagikan speaker bluetooth dalam rangka lepas jabatan.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/tZTnC (arsip)

===========

[NARASI]: “Spesial Pelepasan Jabatan Pak Jokowi Bagikan Speaker Bluetooth Secara Gratis”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video yang diunggah di Tiktok membagikan sebuah video yang mengklaim jika Presiden Jokowi akan membagikan speaker bluetooth dalam rangka lepas jabatan sebagai presiden.

Unggahan tersebut menampilkan video Jokowi yang nampak sedang diwawancara oleh awak media dan menjelaskan jika dirinya akan memberikan kenang-kenangan speaker bluetooth sebelum jabatan presidennya selesai.

Namun rupanya video tersebut merupakan video yang berbeda dan sudah diedit dengan teknologi AI sehingga suara Presiden Jokowi terdengar sangat mirip dengan yang aslinya.

Dengan menggunakan pencarian gambar Google Lens, ditemukan hasil jika video asli dari potongan wawancara Jokowi tersebut berasal dari video berjudul “Keterangan Pers Presiden Jokowi Usai Resmikan RS Pusat Pertahanan Negara, Jakarta, 19 Februari 2024” yang diunggah oleh channel Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam wawancara tersebut Jokowi sedang membahas mengenai peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RS PPN) Panglima Besar Soedirman dan 20 rumah sakit Tentara Nasional Indonesia (TNI) lainnya pada 19 Februari 2024 lalu. Prosesi peresmian semua rumah sakit tersebut dilakukan di RS PPN Panglima Besar Soedirman, Bintaro, Jakarta.

Melalui penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan jika konten Presiden Jokowi menjanjikan speaker bluetooth gratis adalah klaim yang tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=80L6PW7G7Ys

https://setkab.go.id/presiden-jokowi-resmikan-rs-pusat-pertahanan-negara-panglima-besar-soedirman/#:~:text=Presiden%20RI%20Joko%20Widodo%20