[SALAH] Kenang-kenangan dari Presiden RI, Jelang Habis Masa jabatannya

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Video tersebut merupakan hasil manipulasi artifical intelegent (AI). Isi video memiliki tujuan lain yaitu untuk mempromosikan produk mukena.

[KATEGORI]
Konten yang dimanipulasi

[SUMBER]
TikTok
https://perma.cc/4PZR-MRNY

[NARASI]
“Kenang-kenangan dari Presiden RI, Jelang Habis Masa jabatannya”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok mengunggah video yang mengklaim presiden Jokowi akan membagikan kenang-kenangan berupa mukena sebelum habis masa jabatannya. Video itu memperlihatkan Jokowi ditemani keluarganya menyampaikan informasi tersebut kepada publik. Pada video tersebut Jokowi menjelaskan jika akan memberikan kenang-kenangan berupa diskon pembelian mukena kualitas premium. Pembagian itu dijelaskan pada video akan dilakukan bulan ramadhan ini.

Faktanya, video yang mengklaim Jokowi memberikan kenang-kenangan sebelum masa jabatannya selesai adalah hasil manipulasi artificial intelligence (ai). Setelah ditelusuri menggunakan AI Voice Detector, presentase penggunaan audio Ai pada video adalah 39,52 persen.

Selain itu, video Jokowi sedang berkumpul dengan keluarganya merupakan momen wawancara dengan Najwa Shihab. Video wawancara tersebut dapat dilihat pada YouTube Najwa Shihab dengan judul “Rahasia Keluarga Jokowi: Iriana Jokowi, “Jangan Lupa Bahagia” (Part 1) | Mata Najwa.”

Dengan demikian video yang menginformasikan Jokowi akan memberikan kenang-kenangan menjelang berakhirnya masa jabatan adalah salah. Video bertujuan untuk promosi mukena. Unggahan tersebut termasuk kategori konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]
https://youtu.be/-dFA5up6MZM?si=pcZTUsGIiHx8EyL_

https://aivoicedetector.com/index.html

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-kenang-kenangan-dari-presiden-ri-jelang-habis-masa-jabatannya