[SALAH] Pesawat Jatuh Di Perairan Flores

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, pernyataan yang diunggah di Facebook pada 22 April 2024 dan menyatakan bahwa ada pesawat terjatuh di Perairan Selatan Nagekeo Flores tidaklah benar. Video yang disertakan ternyata video dari tahun 2019. Selain itu, AirNav Indonesia telah membantah kabar ini dan sudah menghubungi cabang Kupang bahwa tidak ada penerbangan yang mengalami accident.

Simak Penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Facebook
https://web.archive.org/web/20240423101018/https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1511363889759784&set=a.710270533202461&type=3&mibextid=xfxF2i&rdid=YJjxDOKgd6k40c75&share_url=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fshare%2F8PxdqW5yEFaCfrgL%2F%3Fmibextid%3DxfxF2i

====
[NARASI]
Pesawat jatuh di perairan selatan Nagekeo Flores maunori

====
[PENJELASAN]
Sebuah postingan di Facebook mengunggah gambar yang menyatakan bahwa ada pesawat jatuh di Perairan Selatan Nagekeo, Flores. Dalam unggahan ini terlihat sebuah pesawat yang tenggelam di tengah laut. Gambar ini diunggah oleh akun Paskalis Wedo pada 22 April 2024.

Pemeriksa fakta mencoba menelusuri gambar menggunakan Google Lens. Hasilnya, gambar ini merujuk pada sebuah artikel di laman grid.id yang berjudul ” Video Detik-Detik Jatuhnya Beechcraft Bonanza, Pesawat Seharga Rp 3,5 Miliar yang Alami Kecelakaan dan Jatuh Menukik Ke Laut”. Artikel ini diunggah pada tahun 2019.

Selain itu, dilansir dari laman http://antaranews.com Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia memastikan bahwa informasi adanya pesawat terbang rendah dan jatuh di NTT adalah tidak benar. Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Hermana Soegijantoro mengatakan bahwa AirNav Indonesia sebagai BUMN pemandu pelayanan lalu lintas penerbangan menyimpulkan berita itu hoax dan AirNav Cabang Kupang telah berkoordinasi dengan Flight Information Centre (FIC) Bali memastikan tidak ada indikasi pesawat yang mengalami accident. Selain itu, pihak penerbangan Lion Air telah menghubungi AirNav Indonesia Cabang Kupang bahwa semua pesawat beroperasi normal. Pihak Wings Air yang dikabarkan mengalami hilang kontak di wilayah NTT juga sudah membantah hal ini dan menyatakan semua operasi penerbangan berjalan sesuai standar operasional yang telah ditetapkan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kabar pesawat jatuh di Perairan Flores, NTT tidaklah benar.

====
[REFERENSI ]
https://m.antaranews.com/berita/4069155/airnav-memastikan-informasi-soal-pesawat-jatuh-di-nagekeo-ntt-hoaks

https://www.grid.id/read/041826834/video-detik-detik-jatuhnya-beechcraft-bonanza-pesawat-seharga-rp-35-miliar-yang-alami-kecelakaan-dan-jatuh-menukik-ke-laut?page=all