[SALAH] Pendakwah Umi Laila Resmi Jadi Tersangka

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Postingan yang menyebutkan bahwa Umi Laila telah resmi menjadi tersangka akibat menghujat Rhoma Irama tidaklah benar. Tidak ada informasi resmi terkait pemberitaan ini dan Umi Laila masih aktif mengunggah kegiatan dakwahnya.

Simak Penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Tiktok
https://ghostarchive.org/archive/d8B0L

====
[NARASI] Ning umi laila re5mi jadi ter54n9ka setelah m3n9huj4t rhoma irama yang sabar ya umi laila ini hanya ujian

====
[PENJELASAN]
Sebuah video beredar di Tiktok menyatakan bahwa pendakwah wanita Umi Laila ditetapkan menjadi tersangka karena menghujat Rhoma Irama. Video ini dibagikan oleh akun Andi Hafidz dan telah dilihat lebih dari 400 ribu.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyaa video ini tidak benar. Video tersebut tidak menunjukkan bahwa Umi Laila ditetapkan menjadi tersangka, melainkan hanya pernyataan dari pembuat video. Dilansir dari laman http://panturapost.com, pernyataan bahwa Umi Laila menjadi tersangka karena menghujat Rhoma Irama adalah hoax diketahui dari video yang terlihat diedit dan tidak ada informasi resmi terkait pemberitaan ini.

Selain itu, dilihat dari Instagram pribadinya Umi Laila masih aktif mengunggah kegiatan dakwahnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan Umi Laila ditetapkan menjadi tersangka tidak benar.

====
[REFERENSI]
https://www.panturapost.com/cek-fakta/2074556194/cek-fakta-hoaks-ning-umi-laila-jadi-tersangka-usai-sindir-rhoma-irama

https://www.instagram.com/lailaarrahmah880?igsh=MTh2N2R0YnU5bWNqaw==