[SALAH] Kemenkes Biadab, Menyebar Nyamuk Wolbachia di Lima Kota

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Penyebaran nyamuk Wolbachia merupakan salah satu inovasi yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi kasus Demam Berdarah.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten menyesatkan

Beredar sebuah postingan oleh akun twitter @opposite6892 yang menampilkan tangkapan layar artikel media CNN terkait dengan penyebaran nyamuk Wolbachia pada lima kota di Indonesia. Postingan tersebut disertai dengan narasi “Biadab Kemenkes”.

Sumber: Twitter https://perma.cc/PX8V-FZ86 Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, dengan menuliskan judul artikel yang merujuk pada media tersebut, ditemukan memang benar adanya artikel yang diunggah oleh CNN pada 21 November 2023.

Namun, dengan narasi yang dituliskan oleh pengunggah tersebut dapat menyebabkan penggiringan opini oleh masyarakat yang tidak mencari tahu informasi lengkap terkait dengan nyamuk Wolbachia.

Dilansir dari CNN Indonesia, masyarakat perlu mengenal nyamuk Wolbachia lebih dalam. Jangan sampai kehadiran nyamuk ini justru menimbulkan kekhawatiran.

Nyamuk ini disebar di lima kota, di antaranya Jakarta Barat, Bandung, Semarang, Bontang, dan Kupang. Langkah ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi kasus Demam Berdarah adalah dengan menyebarkan nyamuk Wolbachia. Wolbachia merupakan sebuah bakteri yang memiliki kemampuan untuk menonaktifkan virus dengue dalam tubuh nyamuk Aedes aegypti, membuka peluang baru dalam pengendalian demam berdarah.

Dengan demikian, masyarakat perlu mengetahui lebih dalam terkait dengan narasi pada postingan tersebut agar tidak terjadi kesalah pahaman. Sehingga konten tersebut masuk pada kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231121124802-255-1027013/mengenal-nyamuk-wolbachia-yang-disebar-kemenkes-di-lima-kota\
https://www.kompas.id/baca/opini/2023/11/30/memahami-nyamuk-wolbachia