[SALAH] Kakak Besar Jokowi Sekjen Partai Komunis Tiongkok

Hasil periksa fakta Imroatul

Klaim dalam unggahan video dengan maksud kakak Jokowi yang paling besar merupakan seorang sekjen dari partai komunis Tiongkok adalah informasi yang salah. 

= = = = =

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

= = = = =

[SUMBER]: Facebook

https://web.archive.org/web/20240420061349/https://www.facebook.com/61552300101586/posts/122164958996076670/?mibextid=rS40aB7S9Ucbxw6v

= = = = =

[NARASI]: KAKAK BESAR JOKOWI SEKJEN PARTAI KOMUN** TIONGKOK

ANAK PKI ITS JOKOWI DI DUKUNG KOMUNISE TIONKK

KALIAN PIKIR JOKOEI PKI HOAX?? INI BENAR COBA ITU 02 MIKIR 

= = = = =

[PENJELASAN]

Akun facebook Rismadi mengunggah video pada tanggal 8 April 2024 dengan klaim kakak besar Jokowi sekjen partai komunis Tiongkok. 

Setelah ditelusuri dengan kata kunci sekjen kakak besar jokoNowi partai komunis ditemukan video pada akun youtube @merdekadotcom berjudul “Saat Jokowi Sapa Presiden China Xi Jinping Sebagai ‘Kakak Besar’. Video tersebut merupakan video ucapan selamat datang di Bali oleh Presiden Jokowi kepada Presiden Xi Jinping dengan sapaan kakak besar. 

Sementara itu video yang diunggah pada akun facebook Rismadi ternyata merupakan video yang dipotong dan bukan menampilkan video secara keseluruhan. Selain itu Jokowi sendiri merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara pasangan Sujiatmi dan Widjiatno Notomiharjo. Dilansir pada web https://jalahoaks.jakarta.go.id/ dalam silsilah keluarga Jokowi tidak terbukti adanya hubungan keterlibatan dengan PKI.  Dengan demikian klaim bahwa kakak besar Jokowi sekjen partai komunis tidaklah benar. 

[REFERENSI]

https://youtu.be/Gncp5EPaq4g?si=QtGjs6PxFupj-thZ

https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-SILSILAH-KELUARGA-PRESIDEN-JOKOWI-BERKAITAN-DENGAN-AGEN-KOMUNIS-TIONGKOK